Search

Momen Ramadan, Impor Daging Beku hingga Sepatu Lari Melejit

JAKARTA, iNews.id - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat impor pada April 2019 mencapai 15,1 miliar dolar AS, naik 12,25 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Kenaikan impor terjadi seiring meningkatnya permintaan untuk kebutuhan Ramadan.

Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan, kenaikan impor sebulan sebelum Ramadan merupakan fenomena musiman alias terjadi setiap tahun. Hal ini terlihat dari impor barang konsumsi yang meningkat 24,12 persen.

"Kalau dilihat polanya, menjelang Ramadan, impor pasti akan meningkat, mencapai puncaknya mendekati akhir Ramadan maupun Lebaran, kemudian dia akan turun," kata dia, Rabu (15/5/2019).

Pria yang kerap disapa Kecuk itu mengatakan, komoditas yang mengalami kenaikan impor di antaranya bahan makanan siap konsumsi dan buah-buahan.

"Yang meningkat lumayan besar adalah daging beku boneless, berasal dari India, AS. Dan juga impor apel segar, demikian juga buah pir," kata dia.

Kecuk menyebut, impor daging beku tanpa tulang pada bulan lalu mencapai 64,1 juta dolar AS. Sementara, dia juga melihat pertumbuhan impor sepatu lari meski jumlahnya tidak terlalu signifikan.

"Satu lagi dari running athletic shoes (sepatu lari), tapi tidak tercatat angkanya, mungkin kecil-kecil," tutur dia.

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2W28nQJ
May 15, 2019 at 09:35PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Momen Ramadan, Impor Daging Beku hingga Sepatu Lari Melejit"

Post a Comment

Powered by Blogger.