Search

Ratusan Ribu Kali Diunduh, Aplikasi Anti-Pelecehan Seksual Laku Keras di Jepang

TOKYO, iNews.id - Sebuah aplikasi ponsel pintar yang dikembangkan oleh kepolisian Tokyo diunduh beramai-ramai oleh para perempuan di Jepang beberapa waktu lalu. Mereka menggunakan aplikasi ponsel pintar itu untuk melindungi diri dari para pelaku pelecehan saat berada dalam kereta pada saat jam sibuk.

Kepolisian Metropolitan Tokyo menciptakan sebuah aplikasi ponsel pintar yang disebut "Digi Police" sekitar tiga tahun lalu. Namun fungsinya untuk menakuti pelaku pelecehan itu baru ditambahkan dalam aplikasi tersebut beberapa bulan lalu.

Akibatnya, terjadi aksi unduh aplikasi "Digi Police" secara besar-besaran, yaitu lebih dari 220 ribu kali, menurut harian Asahi News.

Karuna Maruyama, warga Tokyo, awalnya tidak tahu tentang aplikasi tersebut. Dia merasa lega setelah mengetahui aplikasi itu dapat diunduh dan digunakan dalam situasi bahaya.

"Di Jepang, perempuan seringkali menghadapi pelecehan saat berada di dalam kereta dan tempat-tempat umum lainnya namun mereka pada umumnya merasa takut untuk meminta pertolongan," kata dia.

Kano Akise, warga Jepang yang tinggal di Tokyo mengatakan, aplikasi itu sangat bagus bagi orang yang tidak memiliki keberanian untuk meminta pertolongan.

Dengan adanya aplikasi anti pelecehan seksual "Digi Police", korban pelecehan dapat menekan ikon "usir pelaku" untuk memunculkan pesan yang berbunyi "Ada pelaku pelecehan disini. Tolong saya."

Dengan menekan ikon itu kembali, pesan tersebut berubah menjadi warna merah dan memunculkan suara yang mengatakan "harap hentikan" secara berulang kali.

Pelaku pelecehan di Jepang dapat menghadapi ancaman penjara hingga enam bulan atau denda hingga 5.000 dollar.

Editor : Nathania Riris Michico

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2WtlYRn
May 30, 2019 at 02:26PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ratusan Ribu Kali Diunduh, Aplikasi Anti-Pelecehan Seksual Laku Keras di Jepang"

Post a Comment

Powered by Blogger.