Search

MUI: Ma'ruf Amin Masih Jabat Ketum Sampai Dilantik Menjadi Wapres

JAKARTA, iNews.id - Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Muhammad Cholil Nafis mengatakan, KH Maruf Amin masih tetap menjabat sebagai ketua umum MUI. Ma'ruf setidaknya akan menjabat ketua umum sampai ditetapkan sebagai wakil presiden untuk periode 2019-2024.

Cholil menambahkan, setelah resmi menjabat wakil presiden, sesuai peraturan maka Ma'ruf akan melepas jabatan ketua umum MUI, hal itu dilakukan agar tidak ada rangkap jabatan.

"Nanti kita dalam rapat harian yang memastikan soal KPU, kerjaan kiai belum teganggu karena belum dilantik. Saya pikir setelah ditetapkan sebagai wapres ya mungkin tidak bisa kerja dua," kata Cholil di Kantor MUI, Jakarta Pusat, Rabu (29/5/2019).

Dia menuturkan, Ma'ruf memilih menjalani sisa waktu jabatannya sampai 20 Juni 2020. Terkait sistem pergantian ketua umum bisa dengan melalui Musyawarah Nasional atau Munas yang dipercepat sesuai waktu penetapan presiden dan wakil presiden pada Oktober tahun ini.

Selain itu, Cholil mengatakan, ada opsi lainnya selain melalui munas, yaitu dengan menunjuk pelaksana tugas (Plt) ketua umum, menyusul dilantiknya Ma'ruf Amim sebagai wakil presiden.

"Kalau itu (munas) tidak bisa alternatif ya mungkin Plt. Kaya dulu Kiai Toha wafat lalu Pak Din wakil ketum naik," kata Cholil.

Editor : Djibril Muhammad

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/30UVura
May 30, 2019 at 04:16PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "MUI: Ma'ruf Amin Masih Jabat Ketum Sampai Dilantik Menjadi Wapres"

Post a Comment

Powered by Blogger.