Search

Anies Lepas 17.427 Warga Mudik Gratis

JAKARTA, iNews.id - Untuk pertama kalinya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melaksanakan program mudik lebaran 2019 bagi warga DKI Jakarta secara gratis. Sedikitnya, 300 armada bus diterjunkan untuk mengantarkan 17.427 warga Ibu Kota ke sejumlah daerah kampung halamannya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan program ini sebagai apresiasi terhadap warga Jakarta yang telah bekerja sepanjang tahun membangun perekonomian di Jakarta. Perekonomian Ibu Kota bisa bergerak maju karena begitu banyak orang-orang yang produktif bekerja di Jakarta.

BACA JUGA:

Pemprov DKI Berangkatkan 17.427 Warga Mudik Gratis

Hari Ini, 21.000 Pemudik Diberangkatkan dari Stasiun Senen

Sementara, perayaan lebaran idul fitri ini, kata Anies, sebagai momen para pemudik kembali ke kampung halaman merajut silaturahmi dengan sanak saudara serta tetangganya. Untuk itu lah, Pemprov DKI Jakarta menginisiasi dengan menggelar program mudik gratis kepada warga Jakarta tersebut.

"Ini untuk pertama kalinya Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan program mudik bersama bagi warga Jakarta. Lebih dari 17 ribu warga menggunakan lebih dari 300 bus ke 10 wilayah di Pulau Jawa," kata Anies, di Silang Monas, Jakarta, Kamis (30/5/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu tak lupa menitipkan sebuah pesan kepada para pemudik tersebut. Salah satu pesannya, untuk menjadikan momen mudik lebaran ini sebagai ajang silaturahmi antar warga Jakarta.

"Karena sepanjang jalan cukup panjang, dan mereka tidak saling kenal satu sama lain, ini kesempatan untuk membangun silaturahmi antarwarga. Yang kedua, ajak anak-anak untuk melihat pemandangan di luar, dikenalkan tentang Indonesia, tentang tanah air," tutur Anies.

"Jangan waktunya dihabiskan untuk sekadar membuka gawai karena kita ingin pulang mudik menjadi pengalaman yang berkesan," katanya menambahkan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Gatot Eddy Pramono saat melepas peserta mudik gratis di silang Monas, Jakarta, Kamis (30/5/2019). (Foto: iNews.id/Felldy Utama)

Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Gatot Eddy Pramono mengapresiasi program mudik lebaran gratis bagi warga DKI Jakarta ini. Menurut dia, program ini diharapkan bisa menurunkan angka kecelakaan yang terjadi pada saat mudik lebaran.

"Dengan mudik bersama ini mengurangi warga, masyarakat DKI Jakarta yang ingin pulang kampung menggunakan daripada roda dua. Sehingga angka kecelakaan bisa kita tekan dan mereka bisa bertemu keluarganya di kampung, ini penting buat kita," kata Gatot.

Tak hanya itu, kata dia, program semacam ini juga bisa menurun tingkat kriminalitas yang terjadi di tempat-tempat umum seperti terminal salah satunya.

"Biasanya kita jumpai di terminal-terminal kasus hipnotis, kasus-kasus pencopetan dan sebagainya. Nah kalau kita berangkat semua dari sini, semua menjadi aman," katanya.

Sebanyak 17.427 peserta rencananya akan diberangkatkan menggunakan 30 bus menuju 10 kota tujuan. Kesepuluh kota itu adalah Ciamis, Kuningan, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, dan Jombang.

Editor : Djibril Muhammad

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2QyCBp6
May 30, 2019 at 06:42PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Anies Lepas 17.427 Warga Mudik Gratis"

Post a Comment

Powered by Blogger.