Search

Jasa Marga Sebut Kebijakan One Way Efektif Urai Kepadatan di GT Cikampek Utama

JAKARTA, iNews.id - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperkirakan pada hari ini (H-6 Lebaran 2019) sebanyak 74.496 kendaraan akan meninggalkan Jakarta melalui GT Cikampek Utama. Angka itu meningkat 159,7 persen dari lalu lintas harian normal 28.689 kendaraan.

Corporate Communication Jasa Marga, Irra Susiyanti mengatakan, mengatakan, kenaikan volume kendaraan akan terus terjadi dalam beberapa hari ke depan. Pasalnya, Jasa Marga akan menerapkan skema satu arah (one way) ke arah timur mulai hari ini.

"Ini juga menjadi salah satu faktor yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat sehingga lalin mudik diprediksi masih tinggi pada hari ini," kata dia melalui keterangan tertulis, Kamis (30/5/2019).

Jasa Marga mencatat sebanyak 57.405 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama kemarin (H-7 Lebaran). Jumlah ini naik 144 persen dari lalu lintas harian normal 23.484 kendaraan.

Salah satu faktor kenaikan volume lalu lintas pada H-7 Lebaran, kata Irra, karena kemarin menjadi hari terakhir kendaraan berat melintas jalan tol. Dengan demikian, para pemudik mulai memanfaatkan kondisi tersebut.

Dia menyebut, kombinasi skema one way dan contraflow (lawan arus) yang diterapkan di jalan tol efektif mengurai kepadatan. Dalam waktu kurang dari 2 jam sejak one way diberlakukan, kepadatan selepas GT Cikampek Utama terurai. Hingga kini, antrean di GT Cikampek Utama terpantau normal sekitar 6-8 kendaraan.

"Diimbau kepada pengguna jalan yang menggunakan jalur one way agar terus memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan," kata dia.

Jasa Marga juga mengimbau pemudik untuk memastikan pengendara dan kendaraan dalam kondisi prima. Selain itu, pengendara diminta untuk menjaga jarak aman di samping memastikan kecukupan saldo uang elektronik.

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2ETLgyb
May 30, 2019 at 08:10PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jasa Marga Sebut Kebijakan One Way Efektif Urai Kepadatan di GT Cikampek Utama"

Post a Comment

Powered by Blogger.