Search

6 Pesta Gol Barcelona di Bernabeu, Nomor 3 Paling Diingat Madridista

MADRID, iNews.id – Barcelona kembali berpesta di Santiago Bernabeu usai menang telak 3-0 atas Real Madrid pada leg kedua semifinal Copa del Rey, Kamis (28/2/2019) dini hari WIB. Hasil tersebut sekaligus meloloskan Blaugrana ke final dengan keunggulan agregat 4-1 mengingat pada pertemuan pertama di Camp Nou kedua tim bermain imbang 1-1.

Pada laga bertajuk El Clasico tersebut, tiga gol skuat asuhan Ernesto Valverde itu dibukukan Luis Suarez pada menit ke-50 dan 73 (penalti) serta satu gol bunuh diri bek Los Blancos, Raphael Varane.

Bila menilik sejarah, ini bukan kali pertama Klub Katalan itu pesta gol di Ibu Kota Spanyol. Berikut ulasan selengkanya yang sudah dihimpun tim iNews.id:

1. Real Madrid 0 vs 5 Barcelona (17 Februari 1974)

Sang maestro sepak bola asal Belanda Johan Cruyff menjadi ikon Barca saat itu. Dia mampu menyumbang satu dari lima gol kemenangan Blaugrana. Empat gol lainnya dicetak Juan Manuel Asensi (2 gol), Juan Carlos dan Hugo Sotil masing-masing satu gol.

Bagi Cruyff, itu merupakan musim perdananya berkarier di Camp Nou. Meski begitu, dia langsung tampil mengesankan dan berhasil membawa Barca menjuarai La Liga di akhir musim.

2. Real Madrid 0 vs 3 Barcelona (2 September 1984)

Pada musim itu, dua bomber kedua tim bersaing ketat sebagai el pichichi atau pencetak gol terbanyak La Liga, Jorge Valdano dari Madrid dan Steve Archibald di Barca. Banyak pihak memprediksi laga tersebut bakal berlangsung sengit.

Tak disangka, Barca justru mampu membantai Los Blancos tiga gol tanpa balas. Archibald menjadi salah satu pencipta gol. Sementara dua torehan lainnya dilesakkan Ramon Cardere dan gol bunuh diri gelandang Madrid, Angel de Los Santos Cano.

3. Real Madrid 0 vs 3 Barcelona (19 November 2005)

Madrid saat itu dijuluki sebagai tim bertabur bintang atau Los Galacticos karena diperkuat beberapa pemain top dunia seperti David Beckham, Ronaldo, Zinedine Zidane dan Luis Figo. Namun, ketangguhan skuat mereka tak mampu mengalahkan Barca era Ronaldinho.

Pada laga tersebut, dia berhasil membuat pertahanan tuan rumah kocar-kacir. Terbukti, legenda asal Brasil itu mampu membuat Iker Casillas dua kali memungut bola dari gawangnya. Sementara satu gol lain diciptakan Samuel Eto’o. Saat Ronaldinho mencetak gol kedunya, Madridista dari tribun tak segan memberikan tepuk tangah meriah.

4. Real Madrid 2 vs 6 Barcelona (2 Mei 2009)

Duel El Clasico musim 2008/2009 menjadi milik Barca sepenuhnya. Bagaimana tidak, mereka mampu memenangi dua laga kontra Madrid sekaligus. Skuat asuhan Pep Guardiola kala itu membenamkan Los Blancos 2-0 di Camp Nou, 13 Desember 2008.

Superior di kandang, Blaugrana justru tampil lebih beringas dengan mencetak enam gol di Ibu Kota Spanyol. Thierry Henry dan Messi masing-masing mencetak 2 gol. Sedangkan, dua gol Barca lainnya dicetak duo defender, Carles Puyol dan Gerard Pique.

5. Real Madrid 0 vs 4 Barcelona (21 November 2015)

Pada laga tersebut, Messi baru saja pulih dari cedera. Untuk itu, sang entrenador Luis Enrique tidak memainkannya sejak awal permainan. Tampil tanpa La Pulga, tak membuat Barca kehilangan arah. Lini serang mereka masih berbahaya karena ditopang Suarez dan Neymar Jr.

Terbukti, El Pistolero –julukan Suarez- mampu mencetak dua gol, sedangkan gol sisanya dibukukan Neymar dan Andres Iniesta. Kemenangan empat gol tanpa balas tentunya membuat klub Katalan itu pulang dengan kepala tegak.

6. Real Madrid 0 vs 3 Barcelona (23 Desember 2017)

Madrid yang saat itu diasuh Zinedine Zidane tak berdaya menghadapi Barca di rumah sendiri. Cristiano Ronaldo dkk, hancur lebur di depan Madridista melawan permainan tiki-taka khas Blaugrana.

Tiga kali kiper Los Blancos Keylor Navas harus memungut bola dari gawangnya akibat torehan Suarez, penalti Messi dan Aleix Vidal. Menariknya, satu gol terakhir tim tamu diciptakan Vidal usai meneruskan umpan Messi yang saat itu hanya memakai satu sepatu yang lepas usai ditekel Marcelo.

Editor : Haryo Jati Waseso

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2SxoGPE
February 28, 2019 at 03:17PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "6 Pesta Gol Barcelona di Bernabeu, Nomor 3 Paling Diingat Madridista"

Post a Comment

Powered by Blogger.