Search

Perluas Akses Pasar, UMKM Diminta Manfaatkan Teknologi Digital

YOGYAKARTA, iNews.id – Perkembangan teknologi telah mengubah peta perekonomian dunia. Kini, perusahaan-perusahaan skala besar lahir dan tumbuh karena bisa memanfaatkan teknologi dalam kegiatan bisnisnya.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudistira Adhinegara menuturkan, dengan perubahan lanskap tersebut, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus berbenah. Sektor ini dinilai harus memanfaatkan perkembangan digital untuk bisa naik kelas.

“UMKM harus memanfaatkan perubahan lanksap perekonomian ini. Apalagi saat ini bermunculan start-up yang membantu usaha kecil dan ini merupakan peluang bagi UMKM untuk memperluas akses pasar,” ujar Bhima dalam diskusi iPreneur bertemakan UMKM Go Digital hasil kerja sama Portal berita iNews.id dengan PT Bank BTPN Tbk (Bank BTPN) di Yogyakarta, Kamis (28/2/2019).

Bhima melanjutkan bahwa saat ini struktur perekonomian Indonesia masih didominasi oleh sektor UMKM yang mencapai 62,92 juta unit usaha. Kendati demikian, banyak tantangan yang dihadapi UMKM untuk naik kelas. Untuk itu kehadiran teknologi digital dan internet diharapkan dapat mendorong UMKM agar tumbuh lebih cepat dan naik kelas.

Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Kementerian Koperasi dan UKM telah menargetkan 8 juta UMKM bisa go digital pada 2019. “Pemerintah tidak mungkin bekerja sendirian sehingga peran swasta termasuk perbankan juga penting untuk mempercepat proses digitalisasi pada UMKM,” ujar Bhima.

Selain Bhima, acara diskusi iPreneur turut menghadirkan Founder Busana Mandiri Corporation Rifki Ali Hamidi, dan Daya Program Development Head Bank BTPN Januar Rusdianto.

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2NAbJUd
February 28, 2019 at 06:09PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perluas Akses Pasar, UMKM Diminta Manfaatkan Teknologi Digital"

Post a Comment

Powered by Blogger.