Search

Didakwa Kasus Suap, Netanyahu Sebut Lawannya Lakukan Peburuan Penyihir

YERUSALEM, iNews.id - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan tuduhan suap yang dialamatkan kepada dirinya ibarat 'perburuan penyihir' untuk menjatuhkannya. Hal ini menyusul pengumuman Jaksa Agung (JA) yang menyebut akan segera menjatuhkan dakwaan korupsi terhadap Netanyahu.

Berbicara dalam pernyataan yang disiarkan televisi beberapa jam setelah pengumuman jaksa agung, Netanyahu menyatakan dirinya ingin tetap menduduki posisi perdana menteri dalam beberapa waktu ke depan, terlepas dari dugaan korupsi yang kini menjerat dirinya.

"Mereka tahu tidak akan pernah bisa mengalahkan kami di bilik suara. Maka, dalam tiga tahun terakhir ini, mereka melakukan 'perburuan penyihir' yang belum pernah terjadi sebelumnya: menjatuhkan sayap kanan pemerintahan yang saya pimpin," kata Netanyahu, seperti dilaporkan AFP, Jumat (1/3/2019).

Dalam perbincangan itu, Netanyahu juga sempat terlihat emosional saat membicarakan soal keluarganya terkait dugaan korupsi itu. Dia menyebut keluarganya terluka.

Selain itu, dia juga berbicara soal hubungannya dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin yang menurutnya berdampak baik bagi Israel.

Netanyahu pun menduga lawan politiknya sengaja menggunakan serangan 'tak henti dan tak manusiawi', agar JA menyatakan tuduhan kepada dirinya.

"Tujuan utamanya adalah untuk memengaruhi pemilu, bahkan jika tahu semua ini bakal runtuh setelah pemilu, ujar Netanyahu.

Pengumuman Jaksa Agung itu muncul jelang pemilu yang akan diselenggarakan 9 April 2019. Dalam pemilihan, Netanyahu menghadapi tantangan berat dari aliansi politik tengah yang dipimpin mantan kepala staf militer, Benny Gantz.

Jaksa Agung Avichai Mandelblit, pada Kamis (28/2) mengatakan bermaksud mendakwa Netanyahu atas tuduhan penyuapan, penipuan, dan pelanggaran kepercayaan. Netanyahu akan diberi kesempatan untuk membela diri sebelum tuduhan diajukan.

Editor : Nathania Riris Michico

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2TkRaka
March 01, 2019 at 04:47PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Didakwa Kasus Suap, Netanyahu Sebut Lawannya Lakukan Peburuan Penyihir"

Post a Comment

Powered by Blogger.