Search

Presiden Bolivia: Genderang Perang Sedang Rusak Amerika Latin

LA PAZ, iNews.id - Presiden berhaluan kiri Bolivia, Evo Morales, mengatakan 'genderang perang' sedang merusak Amerika Latin. Dia juga 'melabrak' Amerika Serikat (AS) dengan mengatakan agresi AS sedang menyasar sekutunya, Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

"Dalam beberapa pekan belakangan kita menyaksikan kerusakan serius akibat genderang perang," kata Morales dalam pertemuan antara anggota Parlemen Eropa dan Amerika Latin (EUROLAT) di kota Santa Cruz, seperti dilaporkan Associated Press, Jumat (1/3/2019).

"Kita mengutuk semua bentuk kekerasan senjata di bumi kita dan menolak agresi Amerika," katanya dalam pertemuan itu.

"Dari Bolivia kami menolak dan mengingatkan masyarakat internasional yang sekali lagi ingin mengkonfrontir negara yang bersaudara, hendak memecah-belah persatuan Amerika Latin dan Karibia kami," kata Morales, yang merupakan sekutu dekat Maduro.

Morales sering mengulangi dukungannya pada pemerintahan sosialis Maduro yang tengah bersudut dan melabrak apa yang disebutnya selaku rencana AS hendak merampas kekayaan minyak Venezuela.

Belum lama ini Morales melecehkan upaya pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido memasukkan bantuan kemanusiaan ke Venezuela sebagai ‘kuda troja’ yang akan disusul oleh intervensi militer Amerika.

Ketua-kembar pertemuan EUROLAT, Ramon Jauregui dari Spanyol menerangkan dalam jumpa pers bahwa Uni Eropa mengakui Guaido sebagai presiden sementara Venezuela, dan menegaskan kembali sikap EUROLAT menolak intervensi militer.

Editor : Nathania Riris Michico

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2TmCYqJ
March 01, 2019 at 09:31PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Presiden Bolivia: Genderang Perang Sedang Rusak Amerika Latin"

Post a Comment

Powered by Blogger.