Search

Lindungi Warga di Perbatasan Pakistan, India Bangun 14.000 Bunker

NEW DELHI, iNews.id - India membangun lebih dari 14 ribu bunker untuk warganya di sepanjang perbatasannya dengan Pakistan di negara bagian Jammu dan Kashmir. India berharap bunker-bunker tersebut dapat melindungi warganya dari desingan peluru artileri alih-alih mengevakuasi mereka.

Tempat penampungan baru, yang direncanakan sebelum lonjakan ketegangan terjadi pada pekan ini, seharusnya mengurangi ketakutan dan mencegah warga melarikan diri ketika aksi baku tembak dimulai.

Penduduk desa di sisi perbatasan India mengatakan mereka lelah meninggalkan rumah mereka ketika aksi baku tembak. Beberapa dari mereka melihat anggota keluarganya terbunuh, dan ongkos meninggalkan ternak dan hasil panen mereka terlalu berat bagi banyak petani miskin.

Tanattar Singh, seorang pria berusia 75 tahun yang lemah dari desa Chachwal, mengatakan putrinya terbunuh pada 2002 ketika dia terkena peluru di luar rumah mereka, yang dikelilingi oleh ladang gandum di dekat menara pengawas.

"Penembakan bisa terjadi lagi dan kita tahu ada risiko hidup begitu dekat dengan perbatasan," kata Singh, ketika dia dan para tetua lainnya menyaksikan penggalian tanah guna pembangunan bunker untuk salah satu dari 400 keluarga di desa itu.

"Tapi apa yang bisa kita lakukan? Kami tidak bisa meninggalkan desa demi kebaikan seperti yang dilakukan orang kaya," katanya, seperti dilaporkan Reuters, Kamis (28/2/2019).

Insinyur pemerintah India mengatakan, pekerjaan baja bawah tanah dan struktur beton, yang dapat menelan biaya total 60 juta dolar AS, dimulai pada Juni tahun lalu ketika hubungan antara dua negara yang terlibat persaingan senjata nuklir itu memburuk.

Pejabat pemerintah negara bagian India dan kontraktor mengatakan ratusan bunker bawah tanah, dengan dinding dan atap yang tiga kali lebih tebal dari rumah biasa serta mengonsumsi baja 10 kali lebih banyak, sudah dibangun.

Reuters mengunjungi puluhan bunker seperti itu, beberapa tergenang air dan dibangun di tanah pertanian atau di sebelah rumah-rumah penduduk.

"Ini dapat menahan penembakan sederhana," kata seorang insinyur dari Departemen Pekerjaan Umum Jammu dan Kashmir yang ditugaskan untuk membangun bunker.

Insinyur itu menolak disebut namanya mengutip peraturan pemerintah.

Meski terjadi eskalasi, sejumlah warga India masih mengendarai sepeda motor di sepanjang jalan antara desa-desa Jammu, Suchetgarh dan Gulabgarh yang sepi, dekat dengan pagar perbatasan, meskipun ada peringatan oleh pasukan keamanan untuk berhati-hati dan tetap berada di dalam rumah.

Shravan Kumar, yang ladang gandum dan mustardnya berada di sepanjang kawat berduri, mendesak Perdana Menteri India Narendra Modi untuk berbuat lebih banyak untuk mengakhiri aksi penembakan yang sering terjadi. Dia mengatakan hanya tindakan keras terhadap militan di Kashmir yang dapat "mematahkan punggung Pakistan."

"Saya harus meninggalkan rumah saya empat kali pada Desember sendirian," kata Kumar, ayah tiga anak berusia 60 tahun.

"Bisakah Anda bayangkan akibatnya bagi keluarga kami? Bunker bukan solusi, juga bukan kebijakan 'satu serangan di sini, satu serangan di sana'. Habisi militan di Kashmir, dan ini akan berakhir," cetusnya.

Sementara itu, di sisi perbatasan Pakistan, kebanyakan rumah yang dibangun setelah gencatan senjata pada 2003 tidak memiliki bunker, meskipun pemerintah Pakistan memiliki program untuk membangun lebih banyak.

Sejumlah orang tewas dan terluka oleh penembakan yang dilakukan oleh India dalam beberapa hari terakhir, dan banyak yang melarikan diri dari daerah perbatasan, kata pejabat setempat.

Muhammad Din, warga Chakothi, kota perbatasan, mengatakan sebagian besar penduduk pindah ke daerah yang lebih aman.

"Satu-satunya keluarga yang masih di sini adalah mereka yang memiliki bunker beton yang dibangun di dalam atau di sepanjang rumah mereka," ungkapnya.

Ribuan orang pindah atau berencana untuk melakukannya, kata seorang pejabat senior administrasi di Kotli, Umer Azam, yang memerintahkan penutupan sekolah di daerah yang paling berbahaya itu.

Editor : Nathania Riris Michico

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2SwjefZ
February 28, 2019 at 03:07PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lindungi Warga di Perbatasan Pakistan, India Bangun 14.000 Bunker"

Post a Comment

Powered by Blogger.