Search

Remaja Perempuan Bunuh Diri Setelah Bikin Polling 'Mati atau Hidup' di Instagram

KUALA LUMPUR, iNews.id - Remaja 16 tahun di Malaysia dilaporkan bunuh diri setelah bertanya kepada para follower-nya di akun Instagram, apakah dia harus mati atau tidak.

Hasilnya, 69 persen dari total follower yang merespons pertanyaan itu menilai dia harus mati. Tak ada keterangan mengenai komentar para warganet soal pertanyaan polling, namun kuat dugaan mereka menilai pertanyaan itu hanya candaan yang dijawab juga dengan guyonan.

Menurut keterangan kepolisian Negara Bagian Sarawak, remaja yang identitasnya disembunyikan itu mem-posting foto disertai pesan, "Really Important, Help Me Choose D/L”.

Kasus ini menjadi perhatian seorang anggota parlemen Penang yang juga pengacara, Ramkarpal Singh, untuk memerkarakan para follower remaja tersebut yang memberi saran untuk mati.

"Apakah gadis itu masih hidup hari ini jika mayoritas pengguna internet di akun Instagram-nya mencegahnya merenggut nyawanya sendiri? Apakah dia akan mengindahkan saran dari warganet untuk mencari bantuan profesional seandainya mereka melakukannya?"

"Apakah dorongan warganet itu benar-benar memengaruhi keputusannya untuk mengakhiri hidup? Karena percobaan bunuh diri merupakan pelanggaran di negara ini, maka orang yang mungkin bersekongkol untuk mencoba bunuh diri juga (melanggar).”

Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman pun ikut berkomentar. Tragedi ini menyoroti perlunya diskusi di level nasional tentang kesehatan mental.

"Saya benar-benar khawatir tentang keadaan kesehatan mental pemuda kita. Ini masalah nasional yang harus ditanggapi dengan serius," ujarnya.

Pada Februari 2019, Instagram mengumumkan rencana peluncuran "layar sensitivitas" untuk memblokir gambar yang merugikan diri sendiri.

Langkah ini diambil atas kematian remaja 14 tahun asal Inggris, Molly Russell. Orangtua Russell melihat gambar bunuh diri dan orang melukai diri sendiri di akun Instagram anaknya sebelum kejadian.

Editor : Anton Suhartono

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2EddTGa
May 15, 2019 at 08:47PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Remaja Perempuan Bunuh Diri Setelah Bikin Polling 'Mati atau Hidup' di Instagram"

Post a Comment

Powered by Blogger.