Search

Hoki, Pria Australia Temukan Bongkahan Emas Senilai Hampir Rp1 M di Dalam Tanah

SYDNEY, iNews.id - Seorang pria Australia ketiban rezeki dengan menemukan bongkahan emas seberat 1,4 kilogram atau 1.400 gram emas. Saat itu dia sedang mencari emas di tambang hanya berbekal alat pendeteksi logam.

Sebuah toko emas di Kalgoorlie merilis foto bongkahan itu di media sosial dan menaksir nilanya mencapai 100.000 dolar Australia atau sekitar Rp980 juta.

Menurut pemilik toko, Matt Cook, sang pemilik, tak disebutkan identitasnya, merupakan warga lokal yang hobi mencari emas.

Menurut para prospektor, temuan bongkahan emas seperti ini bisa terjadi beberapa kali dalam setahun.

Kalgoorlie merupakan tambang emas terbesar Australia. Sekitar tiga per empat dari emas yang ditambang di Australia diproduksi di dan di sekitar Kalgoorlie.

Cook menuturkan, pria itu mendeteksi adanya logam di kedalaman sekitar 45 cm di bawah permukaan tanah.

"Dia ke toko saya dan menunjukkan kepada bongkahan di tangannya dengan senyum lebar. Ukurannya sedikit lebih besar dari sebungkus rokok dan kepadatannya luar biasa, begitu berat," kata Cook, kepada BBC.

Sam Spearing, direktur Sekolah Pertambangan Australia Barat di Curtin University, mengatakan, bongkahan emas dengan ukuran lebih kecil banyak ditemukan di Kalgoorlie.

"Seiring dengan adanya pertambangan di sekitar, banyak orang berkeliling di akhir pekan sekadar menjajal peruntungan, sebagai hobi," kata Spearing.

Sebagian besar emas yang ditemukan berada dalam kategori kurang dari setengah ons, tetapi jumlahnya cukup banyak.

Editor : Anton Suhartono

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2EmMCB9
May 24, 2019 at 02:23AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hoki, Pria Australia Temukan Bongkahan Emas Senilai Hampir Rp1 M di Dalam Tanah"

Post a Comment

Powered by Blogger.