Search

Soal Kelanjutan Pembelian Pesawat Boeing 737 Max, Ini Komentar Lion Air

JAKARTA, iNews.id - PT Lion Mentari Airlines (Lion Air) masih berdiskusi dengan produsen pesawat asal Amerika Seikat (AS), Boeing, terkait persoalan Boeing 737 MAX. Diskusi ini juga berkaitan dengan sisa pemesanan 200 unit secara bertahap jenis pesawat tersebut.

Managing Director Lion Air Daniel Putut Kuncoro mengatakan, saat ini terjadi diskusi yang panjang antara Lion Air dan Boeing baik dari aspek ekonomi, hukum, hingga kemanusiaan. Pasalnya, sempat ada isu bahwa Lion Air akan membatalkan pemesanan pesawat tersebut.

"Jadi banyak hal yang nanti saya bicara dan di-quote Boeing nanti jadi bahan untuk mereka. Saya sementara tidak komen dulu," ujarnya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Minggu (26/5/2019).

Diskusi yang dilakukan secara intensif ini ditargetkan selesai saat investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi Kementerian Perhubungan selesai dilakukan. Investigasi ini terkait dengan penyebab kecelakaan pesawat JT610 pada 29 Oktober lalu.

"Kalau investigasi KNKT finalnya selesai baru kita akan follow up lagi. Mau kita teruskan atau tidak nanti hasil KNKT yang sangat menentukan," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pesawat jenis ini dilarang untuk melayani penumpang selama periode mudik Lebaran. Begitupun dengan pesawat-pesawat yang sempat dilarang terbang.

Hal ini untuk kenyamanan dan keselamatan penumpang. Pasalnya, pesawat Boeing 737 MAX menewaskan 189 penumpang dan kru Lion Air pada 29 Oktober 2019 dan korban dari Boeing 737 MAX 8 157 penumpang dan kru Ethiopian Airlines pada 10 Maret 2019.

"Tidak ada. Itu tidak ada alasan apapun itu tetap tidak boleh (terbang)," ujarnya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (26/5/2019).

Pelarangan terbang sementara ini karena pihaknya belum menerima surat rekomendasi dari otoritas penerbangan Amerika Serikat (FAA) atas Boeing 737 MAX. Hingga saat ini, Kemenhub masih belum mendapatkan investigasi akhir mengenai kelayakan pesawat buatan AS ini.

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2EzdZbl
May 27, 2019 at 05:04AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Soal Kelanjutan Pembelian Pesawat Boeing 737 Max, Ini Komentar Lion Air"

Post a Comment

Powered by Blogger.