Search

RI Akan Bentuk Bank Syariah Raksasa, Aset Masuk 10 Bank Terbesar

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan blueprint pengembangan ekonomi syariah bertajuk Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia (MEKSI) 2019-2024, guna memperkuat perekonomian syariah. Salah satu strategi yang dilakukan dalam masterplan ini ialah dengan penguatan sistem keuangan syariah nasional.

Direktur Eksekutif Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) Ventje Rahardjo Soedigno mengatakan, pemerintah melalui KNKS akan mendorong penguatan modal perbankan syariah. Penguatan ini akan dilakukan dengan dengan menargetkan satu bank syariah akan berada dalam jajaran 10 bank dengan aset terbesar di Indonesia.

"Kita sedang membangun pusat pendanaan berbasis halal (pooling national halal fund), penguatan bank-bank syariah dan dalam waktu dekat diharapkan ada satu bank yang bisa masuk 10 besar buku," kata Ventje di Gedung Bappenas, Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Namun, Ventje masih belum mau membeberkan secara detail terkait skema pembentukkan bank syariah dengan aset terbesar itu.

Di tempat yang sama, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan dalam jangka pendek, KNKS melalui Rencana Induk Ekonomi Syariah ingin mendorong bank-bank syariah yang saat ini sudah beroperasi untuk memperbaiki kinerjanya terlebih dahulu. Bank-bank syariah, dinilai perlu untuk meningkatkan pangsa pasarnya terlebih dahulu.

"Segmen bank syariah harus jelas, bukan dia keliling atau dinomorduakan setelah konvensional," kata dia.

Sebagai informasi, sebelumnya ramai beredar usulan untuk konsolidasi anak usaha syariah milik perbankan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Namun hingga kini, belum terdapat perkembangan berarti untuk konsolidasi tersebut.

Aset perbankan syariah di Indonesia hingga akhir 2018, masih berkutat di 5,91 persen dari total aset perbankan di Indonesia. Total aset bank syariah hingga akhir 2018 sebesar Rp477,33 triliun dari total aset perbankan secara nasional yang mencapai Rp8.068,35 triliun.

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2Hh49wd
May 15, 2019 at 04:09AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "RI Akan Bentuk Bank Syariah Raksasa, Aset Masuk 10 Bank Terbesar"

Post a Comment

Powered by Blogger.