Search

AS Perintahkan Staf Kedutaan di Baghdad Tinggalkan Irak, Ada Apa?

BAGHDAD, iNews.id - Departemen Luar Negeri (Deplu) Amerika Serikat (AS) memerintahkan semua staf non-darurat di kantor kedutaan Baghdad dan konsulat Arbil untuk meninggalkan Irak.

Perintah ini dikeluarkan terkait meningkatnya potensi ancaman kelompok teroris dan pemberontak yang juga bisa membahayakan perwakilan asing. Selain itu langkah antisipasi keamanan ini diambil di tengah meningkatknya ketegangan antara AS dengan Iran, negara yang bertetangga dengan Irak.

"Sejumlah teroris dan kelompok pemberontak masih aktif di Irak dan secara rutin menyerang pasukan dan warga sipil Irak," bunyi nasihat perjalanan Deplu AS, dikutip dari AFP, Rabu (15/5/2019).

"Militan anti-AS mungkin juga mengancam warga AS dan perusahaan Barat di seluruh Irak."

Tahun lalu AS menutup kantor konsulat di Kota Basra terkait potensi ancaman serangan dari kelompok militan yang didukung Iran.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pekan lalu berkunjung ke Baghdad bertemu Presiden Irak Barham Saleh dan Perdana Menteri Adel Abdel Mahdi. Tujuannya untuk meningkatkan hubungan dengan Irak serta memberikan tekanan kepada Iran.

Dia mengungkap alasannya ke Irak karena pasukan Iran meningkatkan aktivitas dan ancaman terhadap kepentingan AS dan sekutunya di kawasan.

Editor : Anton Suhartono

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2Jlqg7i
May 15, 2019 at 11:20PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "AS Perintahkan Staf Kedutaan di Baghdad Tinggalkan Irak, Ada Apa?"

Post a Comment

Powered by Blogger.