Search

KPU Gencarkan Sosialisasi Lima Kertas Suara Pemilu 2019

JAKARTA, iNews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggencarkan sosialisasi pelaksanaan Pemilu 2019 ke masyarakat. Edukasi tentang surat suara dan hari pemungutan suara pada 17 April 2019 juga terus dilakukan._

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, sosialisasi selama ini telah dilakukan KPU seluruh provinsi dan kabupaten/kota. Sosialisasi baik dengan tatap muka, iklan di media, alat peraga, dan penyebaran informasi.

"Kemudian media juga meng-cover pula pelaksanaan pemilu. Ini tujuannya agar semua masyarakat bisa mendapatkan akses informasi penuh terhadap teknis pemilihan," kata Arief di Jakarta, Jumat (1/3/2019).

BACA JUGA: KPU dan Peserta Pemilu Sepakati Desain Surat Suara

Dia menuturkan, idealnya secara teknis masyarakat sudah bisa memahami teknis pemilihan dari mulai jumlah surat suara yang dicoblos dalam bilik suara, termasuk warna surat suara masing-masing kontestan pilpres, DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota, dan DPD.

”Oleh karena itu, KPU akan meningkatkan frekuensi sosialisasi kepada masyarakat. Sosialisasi akan difokuskan misalnya kepada 5 surat suara,” ujarnya.

Arief memperkirakan ada warga yang belum mengetahui atau masih bingung cara memilih. Ini biasanya terjadi pada pemilih pemula.

"Kalau pemilih lama mestinya sudah lebih tahu. Yang berbeda sekarang kan jumlah surat suaranya agak banyak," ujar dia.

BACA JUGA: Selesai Validasi, Ini Surat Suara Pilpres dan Pemilu 2019

Seperti diketahui dalam Pemilu 2019 terdapat lima surat suara. Masing-masing surat suara akan diwakili warna berbeda. Hal ini itu dilakukan agar memudahkan para pemilih membedakan surat suara yang satu dengan lainnya.

Lima warna tersebut yakni kuning untuk DPR, biru untuk DPRD provinsi, hijau untuk DPRD kabupaten/Kota, merah untuk DPD, dan abu-abu untuk presiden-wakil presiden.

Pemilihan warna ini berdasarkan Keputusan KPU Nomor 1944/PL.02-Kpt/01/KPU/XII/2018, tentang desain surat suara dan desain alat bantu coblos (template) bagi pemilih tunanetra pada Pemilu Tahun 2019.

Editor : Zen Teguh

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2GS9wDd
March 02, 2019 at 04:55AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "KPU Gencarkan Sosialisasi Lima Kertas Suara Pemilu 2019"

Post a Comment

Powered by Blogger.