Search

Partai Pimpinan Erdogan Klaim Kemenangan di Pemilu Lokal Turki

ISTANBUL, iNews.id - Warga Turki memadati TPS untuk memberikan suara dalam pemilu lokal yang digelar di Istanbul, Minggu (31/3). Kandidat dari partai berkuasa di Turki, AKP, mengklaim kemenangan dalam pemungutan suara untuk memilih calon wali kota tersebut.

"Kami sudah memenangkan pemilu di Istanbul. Kami berterima kasih kepada penduduk Istanbul atas mandat yang mereka berikan kepada kami," kata Binali Yildirim, mantan perdana menteri dan loyalis Presiden Recep Tayyip Erdogan, kepada para pendukung, seperti dilaporkan AFP, Senin (1/4/2019).

Setelah 98 persen suara dihitung, kantor berita negara Anadolu melaporkan, Yildrim meraih 48,71 persen suara; unggul tipis dari lawannya, Ekrem Imamoglu, yang memperoleh 48,65 suara.

Imamoglu menolak klaim kemenangan Yildirim. Dia menyebut pernyataan kandidat wali kota dari AKP itu bertujuan memanipulasi opini publik.

"Saya tahu bagaimana memberi selamat dan saya berharap akan diberi selamat," kata Imamoglu.

Dalam pemilu lokal, ekonomi menjadi sorotan utama para pemilih seiring terjadinya resesi dan inflasi.

Dengan inflasi dua digit dan ekonomi dalam resesi, Edogan menyebut pemungutan suara ini sebagai bentuk perjuangan bagi kelangsungan hidup Turki.

Meskipun tidak ikut bertarung dalam pemilu ini, Erdogan mengendalikan secara pribadi kampanye pemilihan lokal. Menurut sejumlah analis, hal ini menunjukkan adanya kekhawatiran Erdogan bahwa partainya akan kehilangan pengaruh di Istanbul.

Dia juga melangsungkan puluhan pawai di beberapa kota untuk mengkonsolidasikan kekuatan partainya.

Istanbul merupakan kota terbesar di Turki dan ibu kota keuangan negara itu. Partai AK pimpinan Erdogan telah menguasai kota itu selama lebih dari 15 tahun.

Editor : Nathania Riris Michico

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2uEEu9I
April 01, 2019 at 04:10PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Partai Pimpinan Erdogan Klaim Kemenangan di Pemilu Lokal Turki"

Post a Comment

Powered by Blogger.