Search

Mudik Lebaran, YLKI Soroti Minimnya Rest Area di Ruas Tol Baru

JAKARTA, iNews.id - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyatakan, kehadiran ruas tol baru yang beroperasi pada musim mudik Lebaran tahuh ini akan menjadi opsi utama bagi pemudik, khususnya ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Namun, kesiapan fasilitas pendukung jalan tol baru masih dipertanyakan.

Wakil Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sudaryatmo mengatakan saat ini masih banyak ruas jalan tol baru yang masih minim, terutama tempat peristirahatan (rest area). Padahal, rest area merupakan salah satu elemen penting bagi pemudik.

"Kalau kita menggunakan mobil pribadi untuk mudik, kita pasti menggunakan rest area. Kalau jalan tol sudah beroperasi, rest area harus sudah siap. Tapi kalau di Indonesia itu, tol baru beroperasi rest area dibangun," ucap dia di Jakarta, Sabtu (25/5/2019).

Tol Trans Jawa menurutnya merupakan salah satu contoh ruas jalan tol yang masih minim memiliki rest area. Bahkan, ada rest area yang jaraknya 100 km dengan rest area di dekatnya.

"Setelah KM 228 sampai ke Surabaya, jarak rest area sangat jauh. Bahkan dari KM 228 baru ketemu rest area di sekitar Semarang, itu kira-kira 100 km," ucapnya.

Selain jumlahnya, dia juga menyoroti fasilitas toilet umum di rest area. Menurutnya, jumlah toilet yang ada saat ini tidak akan mampu menampung lonjakan pemudik nanti. Hal ini karena adanya kesalahan jumlah penghitungan toilet pada saat proses pembangunan rest area.

"Catatan YLKI justru di fasilitas, ketika didesain rest area hanya jumlah kendaraan, tapi tidak memprediksi jumlah pengunjung," katanya.

Oleh karena itu, dia mengimbau pengelola rest area untuk menyediakan toilet umum portable, guna mengantisipasi antrean panjang.

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2wlItZP
May 26, 2019 at 04:01AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mudik Lebaran, YLKI Soroti Minimnya Rest Area di Ruas Tol Baru"

Post a Comment

Powered by Blogger.