Search

Menhub Perkirakan Jumlah Penumpang Pesawat Naik 3 Persen Selama Lebaran

TANGERANG, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melihat akan ada lonjakan jumlah penumpang pesawat selama periode Lebaran tahun ini. Meski harga tiket sudah turun dan masih dibanderol mahal, lonjakan ini akan tetap terjadi karena masyarakat rela mengeluarkan kocek besar demi pulang ke kampung halaman.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, melihat tren pegerakan pesawat beberapa hari ini, dia memprediksikan ada pertumbuhan penerbangan yang semula 1.300 menjadi 1.470 take off dan landing per harinya.

"Dari jumlah penumpang juga ada pertambahan kira-kira 3 persen. Jadi saya harap dengan kenaikan ini kita harus take care lagi," ujarnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (26/5/2019).

Seiring dengan melonjaknya jumlah penumpang di periode ini, PT Angkasa Pura II (Persero) juga menerapkan Airport Operation Control Center (AOCC). Sistem ini dapat memudahkan untuk mengontrol seluruh aktivitas bandara melalui CCTV.

"Saya mengapresiasi Angkasa Pura II sudah mengerjakan dengan baik. Ada satu mekanisme manajemen yang baik dengan menerapkan AOCC sehingga kontrol setiap operasi berjalan dengann baik," ucapnya.

Selama periode ini pula, hampir 100 persen jumlah penumpang yang keluar dari Jakarta sedangkan penumpang dari luar Jakarta ke Jakarta hanya 60 persen. Mantan Direktur Utama AP II ini melihat adanya potensi dari hal tersebut yang bisa dimanfaatkan maskapai.

"Kekurangan load faktor ini sebenarnya suatu potensi yang bisa dilakukan masyarakat untuk melakukan pariwisata atau kegiatan lain menuju Jakarta," kata dia.

Dia melanjutkan, maskapai bisa memberikan bebrbagai penawaran menarik ke penumpang agar bisa mengoptimalisasi kekurangan dari kapasitas pengangkutan. Misalnya dengan memberikan tarif khusus, promosi, potongan harga untuk penerbangan tujuan pariwisata.

"Kita harapkan airlines bisa produktif, kegiatan pariwisata berjalan dengan baik dan semuanya berjalan lancar," tutur dia.

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2HE6py6
May 26, 2019 at 10:03PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menhub Perkirakan Jumlah Penumpang Pesawat Naik 3 Persen Selama Lebaran"

Post a Comment

Powered by Blogger.