Search

Filipina Larang Para Pejabat dan PNS Berpergian ke Kanada Terkait Konflik Sampah

MANILA, iNews.id - Pemerintah Filipina melarang para pejabat dan pegawai negeri berpergian ke Kanada. Langkah ini diambil terkait kemelut diplomatik kedua negara terkait masuknya sampah Kanada ke Filipina pada 2013. Ada 69 kontainer sampah yang akan dipulangkan Filipina ke Kanada.

Juru Bicara Kepresidenan Salvador Panelo, mengatakan, Sekretaris Negara Salvador Medialdea mengeluarkan surat peringatan tertanggal 20 Mei 2019 yang isinya ditujukan kepada semua pejabat departemen, lembaga, serta perusahaan milik pemerintah, termasuk lembaga keuangan, agar tidak mengeluarkan surat dinas perjalanan ke Kanada.

Baca Juga:

Filipina Tarik Duta Besarnya dari Kanada Gara-Gara Sampah

Geram, Presiden Filipina Duterte Perintahkan Segera Pulangkan Sampah Asal Kanada

"Memo tersebut juga mengarahkan kepada para kepala badan pemerintah untuk mengurangi interaksi resmi dengan perwakilan pemerintah Kanada," kata Panelo, dikutip dari Xinhua, Minggu (26/5/2019).

"Kami berpendapat arahan ini konsisten dengan sikap kami pada terkait memburuknya hubungan diplomatik dengan Kanada, dimulai dengan penarikan Duta Besar dan Konsul Jenderal kami di negara itu mengingat Kanada gagal (memenuhi batas waktu) mengambil sampahnya yang dikirim secara ilegal ke Filipina," ujarnya, lagi.

Hubungan diplomatik antara Filipina dan Kanada memburuk dalam beberapa pekan terakhir. Filipina merasa terhina oleh kelambanan Kanada mengambil kembali sampah-sampah itu.

Ada 103 kontainer sampah tiba di Filipina pada 2013 dan 2014. Dokumen menyebut sampah itu merupakan sisa daur ulang. Namun, penyelidikan oleh Bea Cukai Filipina (BOC) mengungkap, sampah tersebut termasuk limbah rumah tangga, seperti tas, koran, bahkan popok orang dewasa.

Hingga kini ada 69 kontainer yang dikarantina di dua pelabuhan di Manila dan Subic, sisanya telah dibuang.

Pada awal bulan ini, Filipina memberi waktu bagi Kanada hingga 15 Mei untuk mengambil kembali sampah, namun tak dipenuhi.

Sehari kemudian, Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin menarik dubes dan konsul di Kanada.

Editor : Anton Suhartono

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2YPhxOo
May 26, 2019 at 10:01PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Filipina Larang Para Pejabat dan PNS Berpergian ke Kanada Terkait Konflik Sampah"

Post a Comment

Powered by Blogger.