Search

Heli AL Australia Diserang Laser di Laut China Selatan, Pelaku Milisi China?

SYDNEY, iNews.id - Beberapa helikopter Angkatan Laut (AL) Australia diserang menggunakan cahaya laser saat terbang di perairan sengketa Laut China Selatan.

Pelakunya diyakini kelompok milisi China yang sengaja dikerahkan ke kawasan sengketa itu untuk mengganggu armada laut asing. Mereka menggunakan kapal nelayan sebagai kedok.

Sumber di Kementerian Pertahanan Australia mengatakan kepada stasiun televisi ABC, beberapa helikopter AL menjadi target serangan laser saat terbang pada malam hari. Pilot terpaksa putar balik ke kapal dan menjalani pemeriksaan medis.

Tak disebutkan mengapa serangan laser itu berdampak kepada para pilot sehingga mereka harus menjalani pemeriksaan medis.

Serangan laser diduga kuat berasal dari kapal nelayan, namun ABC tak bisa mengonfirmasi bendera yang digunakan, apakah China atau dari negara lain. Laut China Selatan merupakan wilayah yang diperebutkan China dan beberapa negara Asia Tenggara, seperti Vietnam dan Filipina.

Pada analis menilai, China mengerahkan milisi laut yang menggunakan kapal nelayan sebagai kedok.

Sementara itu kapal perang Australia sudah berada di Laut China Selatan sejak lama untuk mendukung misi maritim di Asia. AL Australia juga menggelar latihan perang rutin di Laut China Selatan bersama beberapa negara lain, termasuk Amerika Serikat.

Editor : Anton Suhartono

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/30N64QZ
May 29, 2019 at 06:12PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Heli AL Australia Diserang Laser di Laut China Selatan, Pelaku Milisi China?"

Post a Comment

Powered by Blogger.