Search

Duta Besarnya Diludahi Pria Israel, PM Polandia Geram

YERUSALEM, iNews.id - Seorang pria Israel berusia 65 tahun ditangkap karena meludahi Duta Besar Polandia Marek Magierowski.

Insiden ini menambah ketegangan kedua negara terkait peristiwa Holocaoust atau pembantaian Yahudi di masa Perang Dunia II.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Polandia, Ewa Suwara, seperti dikutip dari AFP, Rabu (15/5/2019), mengatakan, Dubes Israel di Warsawa Anna Azari telah dipanggil untuk dimemintai penjelasan.

Sementara itu Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki menyebut aksi pria Israel itu sebagai tindakan xenofobia, serangan atas dasar ketidaksukaan dengan warga negara lain.

"Kekerasan terhadap diplomat atau warga negara lainnya tidak boleh ditoleransi," tulis Morawiecki.

Magierowski sedang berada di mobilnya di kantor kedubes di Tel Aviv pada Selasa (14/5/2019) ketika pelaku mendekat dan meludahinya.

Juru Bicara Kepolisian Israel Micky Rosenfeld mengatakan, pria itu berasal dari Herzliya, sebuah kota di utara Tel Aviv. Pelaku langsung ditahan dan akan dibawa ke pengadilan pada Rabu malam. Dia juga dilarang mendekati kedubes Polandia selama 30 hari.

Juru Bicara Kemlu Israel, Emmanuel Nahshon, mengaku terkejut atas insiden ini dan memberikan simpati kepada Magierowski.

Belum diketahui motif pasti aksi pelecehan terhadap diplomat tersebut. Surat kabar Israel, Yediot Aharonot, melaporkan, Magierowski tidak mengerti apa pun kecuali kata 'Pole' yang disampaikan pelaku kepadanya.

Peristiwa ini terjadi sehari setelah Polandia menolak kunjungan para pejabat Israel untuk mengangkat masalah restorasi properti-properti Yahudi yang disita di negara itu selama Holocaust.

Editor : Anton Suhartono

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2E8YUwK
May 16, 2019 at 02:31AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Duta Besarnya Diludahi Pria Israel, PM Polandia Geram"

Post a Comment

Powered by Blogger.