Search

BI Yakin Pertumbuhan Ekonomi RI Tembus 6 Persen Asal Ada Keberlanjutan

JAKARTA, iNews.id - Bank Indonesia (BI) optimistis pertumbuhan ekonomi nasional bisa naik 6 persen dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Hal itu bisa diwujudkan asal ada keberlanjutan kebijakan ekonomi.

Gubernur BI, Perry Warjiyo menyebut, pertumbuhan ekonomi RI saat ini yang stagnan di kisaran 5 persen tidak terlepas dari pengaruh negatif ekonomi global. Namun, dengan kebijakan ekonomi yang berkelanjutan, dia yakin laju pertumbuhan akan meningkat.

"Optimis pertumbuhan tinggi, rupiah stabil, inflasi rendah, dan pembiayaan ekonomi angkanya seperti ini, di bawah ini stres test risiko. Ke depan, insyaallah 5 tahun ke depan sepanjang ada keberlanjutan ini bisa ke arah 6 persen, ya 4-5 tahun ke depan," kata Perry di Jakarta, Senin (4/3/2019).

BACA JUGA:

Bukan Modal Asing, Tantangan Ekonomi RI 2019 Datang dari China

Gubernur BI Optimistis Tahun Ini Ekonomi RI Tumbuh 5,3 Persen

Perry menjelaskan, untuk mencapai target tersebut, ada tiga strategi yaitu, memperkuat sinergi antar lembaga dan bauran kebijakan fiskal dan moneter ditambah 5 "jamu" kebijakan BI.

Selain moneter, kata Perry, BI tengah fokus mendorong digitalisasi di sektor ekonomi, sehingga bisa membuat ekonomi semakin efisien. BI, ujar dia, akan memaksimalkan penggunaan teknologi komunikasi di sektor keuangan.

"Kami ketemu 10 bank untuk digitalisasi banking, e-wallet dan sebagainya, kami akan seminar, kami integrasi keuangan dan dorong UMKM digital banking dari pusat keuangan ekonomi digital, kemudian fintech linking dengan digital banking dan bangun inovasi anti money laundering," ujar Perry.

Sejak menjabat sebagai Gubernur BI, Perry mengaku terus bersinergi dengan pemerintah, OJK, LPS, dunia keuangan dan dunia usaha.

"Kami bangun sinergi sinergi sinergi. Waktu yang saya spend adalah bertemu dengan pengusaha, perbankan yaitu what we can do together untuk bangun ekonomi kita ini," katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2C3kpyd
March 04, 2019 at 09:25PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BI Yakin Pertumbuhan Ekonomi RI Tembus 6 Persen Asal Ada Keberlanjutan"

Post a Comment

Powered by Blogger.