Search

5.000 Personel Gabungan Siap Amankan Debat Capres Jokowi vs Prabowo

JAKARTA, iNews.id - Tim gabungan TNI, Polri, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan kembali melakukan pengamanan debat calon presiden (capres) keempat yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 30 Maret 2019. Tim gabungan akan menerjunkan sekitar 5.000 personel gabungan TNI-Polri di lokasi debat Hotel Shangrila.

"Kita sudah rapat koordinasi dengan KPU, TNI, Kodam dan Polda Metro Jaya. Kita menggunakan personel sejumlah 5.000 personel gabungan TNI-Polri, ada Pemda ada kesehatan, pemadam dan sebagainya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Kamis (28/3/2019).

BACA JUGA:

Sembilan Panelis Debat Capres Jokowi vs Prabowo Teken Pakta Integritas

KPU Tak Akan Undang Menteri di Debat Capres Keempat dan Kelima

Sebanyak 5.000 ribu personel tersebut akan dibagi menjadi empat ring pengamanan. Ring pertama akan mengamankan tempat jalannya debat, yang akan dilakukan langsung Paspampres.

"Jadi ada ring satu itu di dalam kegiatan tempat debat itu nanti dijaga Paspampres. Tentunya masuk ke ring satu melalui pintu sterilisasi. Di dalam debat juga ada pasangan pendukung capres masing-masing, ada juga undangan VIP yang dikeluarkan oleh KPU," tutur Argo.

Kemudian ring dua, pada bagian dalam hotel. Sedangkan ring tiga, halaman hotel akan diamankan personel yang terdiri dari TNI dan Polri. Sementara untuk ring empat, jalan menuju lokasi juga akan disiagakan pengamanan.

"Di ring empat itu adalah jalan meuju ke tempat lokasi, misalnya di Simpang Tugu Bawah ada juga di Jalan Mas Mansyur ada simpang juga. Semuanya kita atur jangan sampai ada kemacetan yang panjang," ujar Argo.

Selanjutnya, terkait dengan rekayasa lalu lintas pada saat berlangsungnya debat akan bersifat situasional. Skema lebih rinci akan disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya.

"Intinya nanti apakah ada pengalihan arus, contraflow, buka tutup, itu namanya rekayasa lalu lintas, itu situasional yang lebih ahli Dirlantas," katanya.

Debat keempat akan mempertemukan kedua capres, yakni nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dan nomor urut Prabowo Subianto akan mengusung tema ideologi, pemerintahan, keamanan serta hubungan internasional. Debat akan digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat pada Sabtu (30/3/2019).

Editor : Djibril Muhammad

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2UWgSJg
March 28, 2019 at 11:48PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5.000 Personel Gabungan Siap Amankan Debat Capres Jokowi vs Prabowo"

Post a Comment

Powered by Blogger.