Search

Viral Pria Dihajar Petugas Dekat Masjid Al Huda, Polri: Itu Penangkapan Perusuh

JAKARTA, iNews.id, - Mabes Polri mengklarifikasi video yang menggambarkan pria dihajar petugas di dekat Masjid Al Huda, Kampung Bali XXXIII, Tanah Abang, Jakarta, saat kerusuhan 22 Mei 2019. Pria itu disebut pelaku kerusuhan.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengakui adanya penangkapan terhadap seorang terduga perusuh di dekat Masjid Al Huda usai kericuhan di depan Gedung Bawaslu. Namun, narasi dalam video yang viral di media sosial (medsos) tersebut disebutnya tidak benar.

Dalam video itu disebutkan bahwa telah terjadi pemukulan oleh aparat kepolisian terhadap seorang anak di bawah umur hingga tewas di dekat Masjid Al Huda, Jakarta Pusat. Dedi menyanggah narasi itu.

"Bahwa viral video berkonten dan narasi seolah-olah kejadian tersebut mengakibatkan korban meninggal dunia akibat tindakan aparat. Ternyata pada kenyataannya orang yang dalam video tersebut adalah pelaku perusuh yang sudah kita amankan atas nama A alias Andri Bibir," ujar Dedi, Sabtu (25/5/2019).

BACA JUGA: Polisi Tangkap 441 Pelaku Kerusuhan 22 Mei 2019

Dia menjelaskan, Andri Bibir berperan sebagai pemecah dan penyuplai batu ke perusuh lain untuk melawan Polri pada saat bentrokan. Dia juga menyediakan air bersih untuk membilas para demonstran yang terkena tembakan gas air mata dengan maksud agar kerusuhan berlanjut.

"Batu itu disiapkan tersangka Andri Bibir untuk disuplai kepada teman-temannya yang melakukan demo. Demo ini tidak spontan, artinya by setting untuk menciptakan kerusuhan," ujarnya.

Dedi mengklaim tindakan represif yang dilakukan aparat kepolisian dalam video tersebut karena Andri Bibir berusaha melarikan diri saat hendak diamankan.

Menurutnya, Andri Bibir telah ditahan di Rutan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya untuk menjalani proses hukum.

Untuk diketahui, video pemukulan seseorang oleh petugas berseragam lengkap dengan tameng dan senjata laras panjang viral di media sosial usai kerusuhan 21-22 Mei di Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat. Video tersebut diambil oleh seseorang dari lantai atas gedung di sekitar lokasi.

BACA JUGA: Investigasi Kerusuhan 22 Mei, Mabes Polri Gandeng Komnas HAM

Dalam video berdurasi sekira 40 detik tersebut, terlihat petugas berseragam sedang menyisir jalan sempit hingga ke area dekat sebuah masjid. Di area dekat masjid, tergambar seseorang tertangkap oleh petugas.

Seseorang tersebut dipukuli, ditendang, dan diseret oleh petugas berseragam. Dalam beberapa akun medsos, video tersebut dikaitkan dengan kematian seorang anak di bawah umur.

Editor : Zen Teguh

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/30FXOCm
May 25, 2019 at 04:21PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Viral Pria Dihajar Petugas Dekat Masjid Al Huda, Polri: Itu Penangkapan Perusuh"

Post a Comment

Powered by Blogger.