Search

Silaturahmi Elite Politik Penting untuk Redakan Ketegangan Pasca-Pemilu

JAKARTA, iNews.id, - Silaturahmi para elite politik dinilai sangat penting untuk meredakan ketegangan seusai Pilpres 2019. Pertemuan itu juga dinilai dapat meneduhkan kondisi para pendukung masing-masing calon sehingga tercipta suasana sejuk dan damai .

Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap pertemuan antara Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan capres 02 Prabowo Subianto menjadi momentum untuk mencairkan suasana politik Tanah Air yang memanas. Dia berharap dalam waktu dekat pertemuan itu akan dilanjutkan antara Prabowo Subianto dengan Joko Widodo.

"Jika elite bisa bersikap hangat dan saling menghormati satu sama lain maka pendukung di bawah juga akan meneladani. Kami dari kalangan dunia usaha sangat berkepentingan situasi politik nasional bisa segera kembali kondusif," ujar Bamsoet di sela-sela acara Buka Puasa Bersama Kadin Indonesia dengan Presiden Jokowi di Jakarta, Jumat (24/5/2019).

BACA JUGA: Prabowo-Sandi Layangkan Gugatan ke MK, Sejumlah Jalan Ditutup

Bamsoet juga mengapresiasi langkah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto - Sandiaga Uno melaporkan berbagai dugaan tindak kecurangan Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Penggunaan jalur konstitusional ini akan semakin menguatkan demokrasi di Indonesia, ketimbang melakukan aksi massa yang mengganggu ketertiban umum.

"Karena sudah menggunakan jalur konstitusional, mudah-mudahan apapun keputusan Mahkamah Konstitusi nantinya harus dihormati oleh semua pihak, baik itu dari pihak BPN maupun TKN, maupun dari para pendukung masing-masing. Karena kami di dunia usaha, sekali lagi berkepentingan situasi politik dapat segera kondusif,” tutur Bamsoet.

Dia juga berharap selama proses hukum di MK, tidak ada lagi pengerahan aksi massa yang bisa memancing kekisruhan. Jika itu yang terjadi, masyarakat yang akan menjadi korban.

”Apapun putusan Mahkamah Konstitusi, wajib dihormati oleh seluruh pihak," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir mengatakan, secara konstitusional ketika ada perbedaan pandangan atas hasil pemilu maka jalurnya melalui MK. Dia bersyukur pasangan Prabowo-Sandi menempuh tersebut.

BACA JUGA: Datang ke Istana, Habibie Ucapkan Selamat ke Jokowi

Erick menegaskan bahwa KPU, Bawaslu, dan juga MK adalah lembaga independen yang dipilih secara konstitusional. TKN telah membentuk tim hukum yang dipimpin pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra untuk menghadapi gugatan hukum yang diajukan Paslon 02, di mana Paslon 01 sebagai pihak terkait.

Menurutnya, semua elite politik saat ini sudah punya kedewasaan cukup tinggi. Apalagi, Jokowi sebagai presiden juga sudah membuka diri.

"Kemarin pertemuan Pak Zulkifli (dengan Jokowi) di Istana Bogor, lalu Pak SBY juga sudah buat statemen, Mas Agus (AHY) sudah bertemu (Jokowi), saya kira sudah ada upaya (rekonsiliasi)," katanya.

Editor : Zen Teguh

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2Wqnvrf
May 25, 2019 at 04:35AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Silaturahmi Elite Politik Penting untuk Redakan Ketegangan Pasca-Pemilu"

Post a Comment

Powered by Blogger.