Search

Sepi Peminat, Program Mudik Gratis Motor lewat Kapal Laut Perlu Sosialisasi

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah setiap tahunnya mengadakan program mudik gratis sepeda motor. Namun, peminat mudik gratis ini lebih banyak menggunakan kereta api dan truk ketimbang kapal laut.

Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno mengatakan, bagi masyarakat yang tujuan mudiknya ke Jawa Tengah dan Jawa Timur bisa mengunakan mudik gratis sepeda motor melalui kapal laut. Pasalnya, hal ini bisa memperpendek perjalanan pemudik setelah turun dari pelabuhan.

"Tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, melanjutkan perjalanan bisa lebih pendek dan waktu istirahat bisa lebih lama," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (26/5/2019).

Pemerintah menyediakan kuota mudik gratis sepeda motor untuk 4.000 sepeda motor dengan 8.000 penumpang.  Adapun kapasitas per kapal yang disediakan untuk menampung 2.000 penumpang.

Mudik gratis ini untuk mengurangi angka kecelakaan selama masa mudik yang didominasi oleh kendaraan beroda dua. Hal ini dikarenakan pesepeda motor lebih rentan kelelahan apalagi dengan membawa barang bawaan yang melebihi kapasitas.

Berdasarkan survei yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Perhubungan untuk wilayah Jabodetabek akan ada 942.621 orang menggunakan sepeda motor untuk mudik Lebaran di tahun ini.

Pemudik sepeda motor tahun ini diperkirakan meningkat 10,7 persen dibanding tahun lalu, yaitu dari 6,1 juta unit pada mudik 2018 menjadi 6,8 juta unit pada tahun ini.

"Meningkatnya jumlah pemudik sepeda motor tahun ini diperkirakan banyak orang luar Jakarta yang merantau ke Jakarta untuk menjadi pengemudi ojek dari beberapa waktu terakhir ini," ucapnya.

Berdasarkan data Korlantas Polri, kecelakaan semasa mudik masih didominasi sepeda motor. Tahun 2017 tercatat 2.731 kecelakaan sepeda motor sedangkan pada 2018, jumlahnya menurun menjadi 1.666 kecelakaan.

"Hal ini seiring dengan bertambahnya kuota mudik gratis sepeda motor," kata dia.

Oleh karenanya, pemerintah perlu mensosialisasikan lebih ekstra ke masyarakat mengenai program mudik gratis sepeda motor melalui kapal laut. Pasalnya, saat mudik gratis 2018, masih banyak ruang kapal yang masoh kosong, banyak ruang yang tidak terpakai.

"Semakin banyak pemudik sepeda motor menggunakan mudik gratis, semakin banyak pula kecelakaan dapat dicegah," tuturnya.

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2EuZIMv
May 27, 2019 at 01:03AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sepi Peminat, Program Mudik Gratis Motor lewat Kapal Laut Perlu Sosialisasi"

Post a Comment

Powered by Blogger.