Search

Pertama Kali, AS Kerahkan Jet Siluman F-35A untuk Misi Tempur

WASHINGTON, iNews.id - Dua jet tempur siluman F-35A Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) melakukan serangan udara untuk menggempur terowongan milik ISIS di Irak.

Pusat Komando AS menyebut, ini merupakan misi termpur pertama bagi F-35A sejak memperkuat alutsista negara itu.

"Kami memiliki kemampuan untuk mengumpulkan, memadukan, dan menyampaikan begitu banyak informasi, sehingga membuat pesawat ini lebih bersahabat, lebih aman, namun mematikan," kata Yosef Morris, komandan Skuadron Tempur ke-4 yang juga pilot F-35A, dikutip dari Anadolu, Rabu (1/5/2019).

Dia melanjutkan, pesawat buatan Lockheed Martin itu punya kemampuan mengumpulkan informasi dari area perang secara real time. Di saat bersamaan informasi itu bisa langsung dibagikan ke pesawat serupa lainnya.

Dengan kemampuan itu, F-35A disebut-sebut sebagai salah satu pesawat siluman paling canggih di dunia.

Untuk operasi di Timur Tengah AS menyiagakan F-35A di Pangkalan Udara Al Dhafra, Uni Emirat Arab. Salah satu misi skuadron di sana adalah melakukan Operasi Satuan Tugas Gabungan 'Inherent Resolve' yakni operasi untuk memberangus kelompok ISIS yang mengancam wilayah Irak dan Suriah

Serangan perdana F-35A berlangsung hampir 3 pekan setelah pesawat serupa milik Angkatan Laut Pasukan Bela Diri Jepang jatuh di Laut Pasifik saat melakukan misi latihan.

Peristiwa itu merupakan kali kedua F-35 jatuh. Pada September, jet F-35B AS jatuh di dekat Pangkalan Udara Korps Marinir di Beaufort, South Carolina.

Editor : Anton Suhartono

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2GLncgW
May 01, 2019 at 07:58PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pertama Kali, AS Kerahkan Jet Siluman F-35A untuk Misi Tempur"

Post a Comment

Powered by Blogger.