Search

KPU Bentuk Tim Hukum Khusus Tangani Sengketa Pileg dan Pilpres di MK

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyiapkan tim hukum. Tim tersebut akan menghadapi 326 gugatan terkait sengketa Pemilu 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Komisioner KPU Hasyim Asyari mengatakan, kuasa hukum yang dibentuk melibatkan lima firma. Tim tersebut dibagi menjadi beberapa tim kecil khusus menangani sengketa yang berbeda-beda.

"Untuk itu, kami menyiapkan tim kuasa hukum yang nantinya khusus menangani masing-masing jenis sengketa," ujar Hasyim Asy'ari, di Jakarta, Sabtu (25/5/2019).

Menurutnya, seluruh sengketa sengaja tidak dihadapi secara bersama-sama. Tim yang dibentuk, khusus untuk menangani sengketa pemilu presiden (pilpres) dan pemilu legislatif (pileg) DPR, provinsi kabupaten dan kota serta sengketa DPD.

BACA JUGA:

Miliki Bukti dan Saksi Ahli, Denny Optimistis BPN Prabowo-Sandi Menang di MK

Sidang Perdana Gugatan Pilpres Prabowo-Sandi Digelar 14 Juni

Dia mengungkapkan, KPU menerima sebanyak 316 gugatan untuk sengketa Pemilu DPR, provinsi, kabupaten dan kota. Kemudian, terdapat sembilan gugatan berasal dari peserta pemilu DPD dan satu gugatan pilpres.

KPU dibantu oleh sebanyak lima firma hukum, yaitu firma AnP Law Firm, Master Hukum & Co, HICON Law & Policy Strategic, Abshar Kartabrata & Rekan, serta Nurhadi Sigit & Rekan.

"Timnya harus berbeda-beda karena persidangannya kan juga dipisah-pisah. Dengan model itu akan efektif jalannya," ucapnya.

Editor : Kurnia Illahi

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2McxlZS
May 26, 2019 at 11:15AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "KPU Bentuk Tim Hukum Khusus Tangani Sengketa Pileg dan Pilpres di MK"

Post a Comment

Powered by Blogger.