Search

AS Tangguhkan Semua Penerbangan dari dan Menuju Venezuela

WASHINGTON, iNews.id - Amerika Serikat (AS) menangguhkan semua layanan penerbangan kargo dan penumpang yang berpusat di AS baik dari dan menuju Venezuela. Hal itu demi melindungi keselamatan dan keamanan di tengah konflik yang terjadi di negara rezim Presiden Nicolas Maduro tersebut.

Langkah penangguhan layanan penerbangan itu diumumkan oleh Departemen Transportasi (DOT) AS, Rabu (15/5).

"Keputusan dibuat dengan persetujuan Menteri Luar Negeri dan bekerja sama dengan Departemen Keamanan Dalam Negeri," demikian pernyataan DOT, seperti dikutip dari situs resminya, transportation.gov, Kamis (16/5/2019).

"Mulai saat ini, semua penerbangan ke dan dari Venezuela yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan AS dan perusahaan asing ditangguhkan karena kondisi di sekitar bandara negara itu mengancam keselamatan atau keamanan penumpang, pesawat, atau kru," imbuh pernyataan departemen tersebut.

Keputusan AS ini menjadi "pukulan simbolis" bagi pihak berwenang Venezuela, sebab layanan udara antara kedua negara sebagian besar sudah tidak ada.

American Airlines adalah maskapai utama AS terakhir yang menangguhkan penerbangan ke dan dari Venezuela. Maskapai itu menghentikan layanannya sejak Maret. Masakapi lainnya berhenti beroperasi selama dua tahun terakhir.

Larangan menyeluruh atas layanan udara ini mengikuti keputusan Federal Aviation Administration (FAA), yang diumumkan awal bulan ini, yang melarang operator dan pilot pesawat bersertifikasi AS terbang di bawah 26.000 kaki (8 kilometer) di atas wilayah Venezuela, dengan alasan keselamatan dan keamanan.

Pada Januari, pemerintahan Presiden Donald Trump mengakui politisi oposisi Juan Guaido sebagai presiden sementara Venezuela dan menyerukan agar Presiden Nicolas Maduro lengser. Upaya penggulingan Maduro yang berulang kali dilakukan oleh Guaido gagal.

Editor : Nathania Riris Michico

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2Hwtaml
May 16, 2019 at 05:02PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "AS Tangguhkan Semua Penerbangan dari dan Menuju Venezuela"

Post a Comment

Powered by Blogger.