Search

Tingkatkan Kualitas SDM Kelistrikan, Ini Langkah Kementerian ESDM

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusianya (SDM) di sektor ESDM. Salah satunya melalui kerja sama dengan perguruan tinggi untuk meningkatkan kompetensi SDM di Bidang Keselamatan Ketenagalistrikan dan Manajemen Energi di Industri Pembangkit.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of understanding (MoU) dengan beberapa Universitas di Indonesia, seperti Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Diponegoro (Undip), Politeknik Negeri Malang, dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar mengatakan, kerja sama ini untuk menggali potensi SDM agar ke depannya menjadi lebih baik lagi. Untuk itu dia menekankan tiga komponen pengembangan kompetensi yaitu ilmu (knowledge), kemampuan (skill), dan pengalaman (experience).

"Dalam beberapa kali kesempatan saya berikan arahan, kita itu membangun kompetensi ujungnya di mana? Awalnya kita tahu inilah source dari manusia yang kita punya, nah dari existing source itu yang mana yang akan kita tingkatkan di antara tiga itu," ujarnya saat acara penandatanganan di kantornya, Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Dia mengibaratkan ketiga kompetensi tersebut seperti naik sepeda. Ilmu diibaratkan seperti bagian dari sepeda misalnya stang, pedal, dan roda di mana tanpa ada bagian tersebut sebuah sepeda tidak bisa dioperasikan.

"Kalau belum pernah naik sepeda, kalau ada yang bisa membaca ilmu persepedaan, terus pertama kali yang pakai sepeda dia langsung bisa? Ada tidak? Saya rasa tidak ada. Harus ada skill," ucapnya.

Dia melanjutkan, memiliki sepeda tanpa kemampuan mengendarai sepeda maka seseorang tidak bisa langsung mengoperasikannya. Untuk itu diperlukan kemampuan mengendarai sepeda.

"Tapi pertama kali bawa sepeda kemungkinan besar jatuh karena tidak punya skill. Jadi knowledge adalah kemampuan mengenal sesuatu sedangkan skill adalah kemampuan bisa mengoperasikan," tuturnya.

Setelah bisa mengendarai sepeda maka akan didapatkan pengalaman seiring dengan seringnya orang tersebut mengendarai sepedanya. Misalnya dengan bersepeda keliling komplek rumah dan menuju tempat kerja.

"Hasilnya orang itu akan mendapatkan suatu pengalaman dari bersepeda itu. Di mana akan meningkatkan orang tersebut untuk lebih baik lagi," kata dia.

Namun, yang paling utama adalah bagaimana SDM mendapatkan ilmu untuk dia pelajari kemampuan dan mendapatkan pengalaman yang diinginkan. Untuk mendapatkan ilmu, SDM bisa mempelajarinya dari berbagai perguruan tinggi untuk itulah kerja sama diadakan.

"Nah ini harus cocokkan dulu jenis sepeda mana yang dipakai ke kantor. Untuk meningkatkan kompetensi agar bisa jadi pesepeda dari rumah ke kantor," ujarnya.

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2WonH6A
March 28, 2019 at 09:32PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tingkatkan Kualitas SDM Kelistrikan, Ini Langkah Kementerian ESDM"

Post a Comment

Powered by Blogger.