Search

Sebut Prabowo Seperti Tidak Percaya TNI, Jokowi: Saya Sipil Percaya

JAKARTA, iNews.id - Calon presiden (capres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menyebut rivalnya pada Pilpres 2019 Prabowo Subianto seperti tidak percaya dengan eksistensi Tentara Nasional Indonesia (TNI).

"Saya melihat Pak Prabowo ini tidak percaya pada TNI. Saya yang sipil, saya sangat percaya kepada TNI yang kita miliki," kata Jokowi dalam debat capres di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3/2019).

Pernyataan itu disampaikan Jokowi menanggapi kritikan Prabowo. Sebelumnya, capres nomor urut 02 menduga Jokowi mendapat informasi kurang tepat seputar anggaran pertahanan Indonesia yang dinilainya masih kecil. Bahkan, Prabowo menyebutkan, anggaran pertahanan Indonesia kalah dengan Singapura, yang anggarannya mencapai 30 persen dari APBN.

"Saya hanya mengatakan budaya ABS (asal bapak senang) banyak pak, kalau ketemu Panglima cukup tidak benar pak, tidak benar. Jadi itu saja pak. Saya tidak menyalahkan Bapak (Jokowi), ini budaya Indonesia. Jadi mohon kita kaji pertahanan sangat penting, kita tidak mengancam siapa pun tapi kita lemah Pak," tutur Prabowo.

Jokowi menjelaskan, dirinya membuktikan sendiri anggaran pertahanan Indonesia digunakan dengan sebaik-baiknya oleh TNI. "Tetapi yang paling penting untuk saya dalam rangka masih kurangnya anggaran pertahanan kita, ya kita bangun dengan cara investasi di bidang alutsista," tuturnya.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, penguatan pertahanan tidak dengan belanja melainkan investasi. Artinya, dia menambahkan, setiap anggaran yang ada di Kementerian Pertahanan digunakan untuk membangun industri alutsista.

"Kita memiliki tank harimau, kita juga telah memiliki kapal selam hasil kerja sama kita dengan negara lain yang namanya kapal selam Dadali karena kita belum siap untuk mengerjakan," katanya.

Kika investasi di bidang pertahanan terus dilakukan, Jokowi meyakini, Indonesia akan memiliki alutsista yang kuat. "Tapi kita juga memiliki teknologi menguasai teknologi dan bisa transfer dari yang sudah memiliki teknologi itu," ujarnya.

Editor : Djibril Muhammad

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2FNIk73
March 31, 2019 at 04:41AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sebut Prabowo Seperti Tidak Percaya TNI, Jokowi: Saya Sipil Percaya"

Post a Comment

Powered by Blogger.