Search

Ma'ruf Amin Berharap Hasil Survei CSIS Mendekati Kenyataan

YOGYAKARTA, iNews.id - Elektabilitas pasangan calon (paslon) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) - KH Ma'ruf Amin unggul dari pasangan 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Salahuddin Uno di hasil survei Center for Strategic and International Studies (CSIS). Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf 51,4 persen dan Prabowo-Sandiaga 33,3 persen.

Ma'ruf Amin menyambut baik hasil survei CSIS dengan menyebut semoga lebih mendekati kenyataan. "Mudah-mudahan hasil survei itu, mendekati kenyataan," kata KH Ma'ruf Amin ketika diminta tanggapannya soal hasil survei CSIS, di Yogyakarta, Kamis (28/3/2019).

BACA JUGA:

Survei CSIS: Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 51,4% Prabowo-Sandi 33,3%

Survei Charta Politika: Jokowi-Ma'ruf 53,6%, Prabowo-Sandi 35,4%

Survei Vox Populi: Jokowi-Ma'ruf 54,1% Prabowo-Sandi 33,6%

Meski begitu, Ketua Umum nonaktif Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini meminta seluruh tim kampanye nasional, relawan, dan pendukung tidak terbuai dengan hasil survei yang menyebutkan paslon nomor 01 unggul.

"Tapi kita tidak putus asa, tidak puas. Kita juga tidak terbuai oleh hasil survei. Jadi kita jadikan rujukan. Kita akan terus berjuang," ujar Ma'ruf.

Namun, Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini sebetulnya ingin unggul dari pasangan Prabowo-Sandi dengan jarak yang lebar. "Kalau bisa itu, jaraknya sampai 30 persen lah. Penginnya," ujarnya.

Hasil survei dari CSIS memperlihatkan masih ada sekitar 14,1 persen yang tidak menjawab atau masih merahasiakan pilihannya, dan ada 1,2 persen yang belum menentukan pilihan. Ma'ruf berharap, yang masih merahasiakan pilihannya nantinya akan memilih dirinya bersama Jokowi.

"Ya kita harapkan bahwa mereka sudah mulai bergeser ya. Menurut informasi sisa 14 persen sudah banyak yang menentukan pilihan dan mengarah ke 01," tutur Ma'ruf.

Survei CSIS itu dilakukan sejak 15-22 Maret 2019 menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1.960 orang di 34 provinsi. Margin of error sebesar 2,21 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan calo capres-cawapres, nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga.

Editor : Djibril Muhammad

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2UZIHk7
March 29, 2019 at 01:15AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ma'ruf Amin Berharap Hasil Survei CSIS Mendekati Kenyataan"

Post a Comment

Powered by Blogger.