Search

Klaim Tembak Jatuh Satelit, Modi: Kini India Jadi Kekuatan Antariksa

NEW DELHI, iNews.id - Perdana Menteri Narendra Modi mengklaim India sudah sejajar dengan Amerika Serikat (AS), Rusia, dan China dalam kelompok negara-negara elite yang memiliki kemampuan untuk menargetkan satelit.

Dalam pidato yang disiarkan televisi negara, Modi mengatakan India berhasil menembak jatuh satelit orbit Bumi yang rendah. Dia mencatat kemampuan itu sangat penting untuk keamanan nasional negara itu.

"India hari ini menetapkan namanya sebagai kekuatan luar angkasa," kata Modi, seperti dilaporkan Bloomberg, Kamis (28/3/2019).

"Ilmuwan kami menggunakan rudal anti-satelit untuk langsung menjatuhkan satelit, berjarak 300 kilometer di luar angkasa," imbuhnya.

Berbagai rudal India saat ini sebagian besar dimaksudkan untuk konfrontasi langsung dengan negara tetangga yang menjadi pesaingnya yaitu China dan Pakistan. India berperang tiga kali dengan Pakistan dan satu kali dengan China.

Ketegangan antara India dan Pakistan meningkat secara dramatis ketika India melancarkan serangan udara pada 26 Februari untuk menyerang apa yang dianggap sebagai kamp pelatihan teroris di Pakistan.

Pakistan membalas keesokan harinya, menembak jatuh sebuah jet India. Serangan udara awal India merupakan tanggapan atas bom bunuh diri di Kashmir yang menewaskan 40 tentara paramiliter.

Pada 2007, China pertama kali menggunakan rudal balistik untuk menghancurkan satelit cuaca lamanya yang mengorbit 861 kilometer di atas Bumi. Sementara Rusia menguji coba rudal yang dapat digunakan untuk menyerang dan menghancurkan satelit atau rudal balistik.

Program luar angkasa dan rudal India -bersama dengan pertumbuhan ekonominya yang mencapai lebih dari 7 persen dan tawaran untuk kursi permanen di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa- merupakan bagian utama dari upaya negara itu untuk membangun kemampuan pertahanannya dan menjadikan dirinya sebagai kekuatan dunia.

Editor : Nathania Riris Michico

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2U3O7xS
March 28, 2019 at 10:19PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Klaim Tembak Jatuh Satelit, Modi: Kini India Jadi Kekuatan Antariksa"

Post a Comment

Powered by Blogger.