Search

Hubungan dengan Siprus Memanas, Turki Lakukan Latihan Militer

ANKARA, iNews.id - Turki mengadakan latihan besar angkatan laut di tengah-tengah meningkatnya perselisihan mengenai hak eksplorasi energi di Siprus. Perselisihan itu menambah ketegangan antara Turki dan sekutu-sekutu Barat-nya.

"Tujuan latihan militer kami untuk menunjukkan bahwa Angkatan Bersenjata Turki sangat bertekad dan mampu memastikan keamanan, kedaulatan, kemerdekaan, hak-hak maritim dan keuntungan Turki," kata Menteri Pertahanan Turki, Hulusi Akar, seperti dilaporkan Associated Press, Kamis (16/5/2019).

Latihan yang disebut Operasi "Seawolf", yang melibatkan lebih dari 130 kapal dan berlangsung selama dua pekan itu, akan menjadi yang terbesar di Turki. Dalam latihan perang itu, sebagian besar angkatan laut ditempatkan dekat dengan Siprus.

"Kami mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melindungi hak dan hukum negara kami di Aegean, Mediterania Timur, dan Siprus," ujar Akar, menambahkan.

Turki dan pemerintahan Siprus Yunani terlibat dalam sengketa mengenai hak eksplorasi karbonhidra di perairan sekitar Pulau di Laut Tengah. Turki menegaskan, ada hak-hak untuk mencari cadangan gas alam bersama dengan pemerintah Siprus Turki.

Namun Siprus Yunani menolak tuntutan Turki dan menegaskan negaranya adalah satu-satunya pemerintahan yang diakui secara internasional. Pulau itu dibagi sejak 1974 setelah invasi Turki untuk melindungi minoritas Siprus Turki, menyusul kudeta yang diilhami Yunani.

Editor : Nathania Riris Michico

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2HmYzZr
May 16, 2019 at 03:54PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hubungan dengan Siprus Memanas, Turki Lakukan Latihan Militer"

Post a Comment

Powered by Blogger.