Search

Gempa Bumi Bermagnitudo 8 Guncang Peru, Tak Ada Peringatan Tsunami

LIMA, iNews.id - Gempa bumi bermagnitudo 8 mengguncang Peru, Minggu (26/5/2019) pagi waktu setempat. Kuatnya guncangan membuat warga panik dan berlarian meninggalkan rumah di ibu kota Lima.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengungkap, titik pusat gempa berada di 75 kilometer sebelah tenggara Laguna, dekat dengan perbatasan Brasil, dengan kedalaman 110 km.

"Korban dan kerusakan mungkin ada dan dampaknya relatif terlokalisasi," kata USGS, dalam penilaian awal, dikutip dari AFP.

Gempa dengan kedalaman 100 km ke atas, lanjut USGS, biasanya tak menyebabkan kerusakan di permukaan tanah. Namun guncangannya bisa dirasakan cukup jauh dari titik pusat gempa.

Guncangan gempa bisa dirasakan di Peru bagian utara dan tengah, termasuk ibu kota Lima.

Sementara seismolog dari Geophysics Institute of Peru mengungkap, gempa berlangsung lebih dari 2 menit. Namun penilaian Geophysics Institute of Peru berbeda dengan USGS yakni bermagnitudo 7,5 setelah dimutakhirkan dari sebelumnya 7,2.

Presiden Peru Martin Vizcarra dalam pesannya di Twitter meminta warga tetap tenang.

"Kami sedang mengevaluasi daerah yang terkena dampak," katanya.

Laporan awal yang disampaikan di stasiun televisi Peru mengungkap beberapa kerusakan pada bangunan di kota Yurimaguas, dekat dengan pusat gempa, namun belum ada laporan korban luka.

"Berdasarkan data yang tersedia, tidak ada ancaman tsunami karena gempa terlalu jauh di dalam bumi," kata Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang berbasis di AS.

Editor : Anton Suhartono

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2YOMfH8
May 26, 2019 at 11:54PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gempa Bumi Bermagnitudo 8 Guncang Peru, Tak Ada Peringatan Tsunami"

Post a Comment

Powered by Blogger.