Search

Uang Perusahaan Milik Suami Inneke Koesherawati Rp60 Miliar Disita KPK

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah membekukan uang milik PT Mineral Esa (PT ME) sejumlah Rp 60 miliar. Uang tersebut dibekukan dari rekening milik PT ME yang merupakan milik suami Inneke Koesherawati, Fahmi Darmawansyah.

"Dalam proses penyidikan dengan tersangka korporasi PT ME, KPK telah membekukan uang sekitar Rp60 miliar yang berada di rekening yang terkait dengan PT ME," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Senin (4/3/2019).

BACA JUGA:

Deretan Korporasi yang Dijerat KPK, Berikut Modus Korupsinya

PT Merial Esa Milik Suami Inneke Jadi Korporasi ke-5 yang Dijerat KPK

Kasus Bakamla, KPK Tetapkan PT Merial Esa Sebagai Tersangka Korporasi

Pembekuan uang tersebut, menurut dia, bertujuan untuk mengejar keuntungan yang diduga diperoleh tersangka sebagai akibat dari suap yang diberikan pada Fayakhun A. untuk mengurus anggaran di Bakamla.

"Sehingga keuntungan yang tidak semestinya yang didapatkan korporasi akan kami upayakan semaksimal mungkin dikembalikan pada negara," ujarnya.

Dalam perkara ini PT ME diduga telah memberikan atau menjanjikan sesuatu kepada penyelenggara negara terkait dengan proses pembahasan dan pengesahan RKA-K/L dalam APBN-P Tahun Anggaran 2016 yang akan diberikan kepada Bakamla RI.

Diketahui juga PT ME merupakan korporasi milik narapidana Fahmi Darmawansyah. KPK menduga Fahmi memberikan uang pada Fayakhun Andriadi yang saat itu selaku anggota DPR RI 2014-2019 sebesar 911.480 dolar Amerika Serikat.

Uang itu merupakan satu persen dari tujuh persen total commitment fee proyek Bakamla.

Atas perbuatannya PT ME disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-l KUHP atau Pasal 56 KUHP.

Editor : Djibril Muhammad

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2tOnBcw
March 04, 2019 at 05:17PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Uang Perusahaan Milik Suami Inneke Koesherawati Rp60 Miliar Disita KPK"

Post a Comment

Powered by Blogger.