Search

Malaysia Pertimbangkan untuk Mencari Pesawat MH370 Lagi

KUALA LUMPUR, iNews.id - Pemerintah Malaysia mempertimbangkan untuk mencari kembali pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang sejak 5 tahun lalu.

Pesawat Boeing 777 yang mengangkut 239 penumpang dan kru itu hilang dalam penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Beijing pada 8 Maret 2014. Ini merupakan kasus hilangnya pesawat paling misterius di dunia sepanjang sejarah modern.

Pencarian akan dilakukan kembali jika ada perusahaan yang tertarik dengan mengajukan proposal disertai dengan bukti yang mendukung keberadaan pesawat nahas itu.

Menteri Perhubungan Malaysia Anthony Loke mengatakan, pemerintah baru akan membayar jika perusahaan bersangkutan menemukan MH370. Dengan begitu, sistem pembayarannya 'ada barang ada uang'.

"Jika ada petunjuk kredibel atau proposal spesifik, kami lebih dari sekadar bersedia untuk mencarinya dan kami siap untuk mendiskusikan dengan mereka mengenai usulan ini," kata Loke, saat peringatan 5 tahun hilangnya MH370, dikutip dari Reuters, Senin (4/3/2019).

Malaysia, China, dan Australia melakukan pencarian selama 2 tahun dengan menjelajahi Samudera Hindia menghabiskan biaya 200 juta dolar Australia. Misi pencarian tersebut berakhir pada Januari 2017 tanpa hasil apa pun.

Perusahaan eksplorasi laut Amerika Serikat, Ocean Infinity, turut melakukan pencarian selama 3 bulan yang berakhir pada Mei 2018. Lagi-lagi, pencarian berakhir nihil. Dalam perjanjian, jika perusahaan menemukan MH370, mereka akan mendapat bayaran maksimal 70 juta dolar AS.

Menurut Loke, Ocean Infinity pernah menyampaikan ketertarikan untuk melanjutkan pencarian menggunakan teknologi terbaru mereka, namun belum merespons terkait penawaran terbaru ini.

"Jika mereka dapat meyakinkan kami bahwa teknologi baru itu lebih efisien dalam hal pencarian, maka kami lebih dari bersedia untuk memulai kembali," kata Loke.

Sejauh ini ada 30 puing yang diyakini milik MH370 ditemukan. Benda-benda itu ditemukan di laut maupun tedampar di pantai di Samudera Hindia. Namun dari total 30, baru tiga puing yang dipastikan merupakan bangkai MH370.

Dua dari tiga puing itu dipamerkan saat peringatan 5 tahun hilangnya MH370, Minggu (3/3/2019), di Kuala Lumpur. Ini merupakan pertama kali puing MH370 didisplay untuk umum. Salah satu benda itu adalah potongan sayap berukuran 4,27 meter yang ditemukan di Tanzania.

Editor : Anton Suhartono

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2IZjEMy
March 04, 2019 at 06:07PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Malaysia Pertimbangkan untuk Mencari Pesawat MH370 Lagi"

Post a Comment

Powered by Blogger.