Search

Makam Tentara Pasukan Salib Berusia 8 Abad Dirusak, Tengkorak Dicuri

DUBLIN, iNews.id - Pemakaman tentara salib berusia 800 tahun yang terletak di bawah tanah Gereja Saint Michan Dublin, Irlandia, dirusak orang tak dikenal.

Uskup David Pierpoint mengatakan, pelaku tak hanya merusak pemakaman, tapi juga membawa kabur bagian kepala jenazah.

Perusakan dan pencurian ini terungkap setelah seorang guide bersiap membuka gereja untuk menerima wisatawan pada Senin (25/2/2019) siang.

Menerima laporan tersebut, Pierpoint kecewa sekaligus marah karena gereja menjadi sasaran perusakan.

Dia menegaskan, perusakan ini sama saja menghina paroki dan umat Kristiani.

Awalnya, dia mengaku jijik. Namun apa daya, sekarang hanya bisa bersedih dengan kejadian ini.

"Ini hari yang menyedihkan bagi gereja dan umat manusia bahwa seseorang tega melakukan hal seperti itu," ujarnya, dikutip dari BBC, Selasa (26/2/2019).

Terkait insiden ini, tur wisata ke situs keagamaan dibatalkan untuk waktu yang belum bisa ditentukan. Pada 2018, tempat ini didatangi sekitar 27.000 wisatawan.

Dalam pernyataan, Gereja Irlandia menyatakan ruang bawah tanah rusak parah. Tak hanya kerangka tentara salib, beberapa mumi, termasuk kerangka biarawati berusia 400 tahun, juga hancur.

Namun ini bukan pertama kali ruang bawah tanah gereja dirusak. Peristiwa serupa terjadi pada 1996, namun saat itu pelaku tak membawa kerangka jenazah.

Tentara salib berperang dalam beberapa kali Perang di abad pertengahan. Tujuannya merebut Holy Land dari pemerintahan Islam. Ada tujuh perang salib besar yang terjadi di periode itu.

Editor : Anton Suhartono

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2Stx7eG
February 27, 2019 at 01:23PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Makam Tentara Pasukan Salib Berusia 8 Abad Dirusak, Tengkorak Dicuri"

Post a Comment

Powered by Blogger.