Search

Sah, Indonesia-Australia Sepakati Kerja Sama Perdagangan Bebas

JAKARTA, iNews.id - Indonesia dan Australia resmi menandantangani perjanjian kerja sama ekonomi komprehensif (comprehensive economic partnership agreement/CEPA). Kerja sama diharapkan bisa meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi kedua negara.

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita dan Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi Australia, Simon Birmingham. Area kerja sama mencakup berbagai bidang mulai dari peternakan hingga pendidikan dan mobil hingga tekstil.

"Penandatanganan ini adalah momen yang sangat berharga, karena setelah sembilan tahun melakukan perundingan, akhirnya Indonesia-Australia CEPA bisa ditandatangani," kata Enggar di Jakarta, Senin (4/3/2019).

BACA JUGA:

IA-CEPA Kelar, 7.000 Jenis Produk RI Bisa Masuk Australia Bebas Tarif

Capai Kesepakatan Dagang dengan Australia, Ini Untungnya untuk RI

Penandantangan perjanjian yang disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla itu pertama kali diluncurkan pada 2010. Perundingan kerja sama itu terhenti pada 2013 sebelum diaktifkan kembali pada Maret 2016.

Enggar mengatakan, perjanjian itu mengeliminasi 100 persen tarif barang asal Indonesia ke Australia dan 94 persen tarif barang dari Australia ke Indonesia.

"Menyusul perjanjian ini, Indonesia dan Australia akan melakukan raritifikasi agar bisa dilaksanakan secara penuh, sehingga pelaku usaha kedua negara bisa menikmati keuntungan dari perjanjian ini," ucap Enggar.

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2VyY7LW
March 04, 2019 at 06:52PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sah, Indonesia-Australia Sepakati Kerja Sama Perdagangan Bebas"

Post a Comment

Powered by Blogger.