Search

Kereta Bandara Soetta Transit di Stasiun Manggarai Bulan Ini

TANGERANG, iNews.id - Warga Jabodetabek yang hendak menggunakan kereta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) kini bisa mengaksesnya melalui Stasiun Manggarai. Sebelumnya, kereta ini hanya melayani sampai Stasiun Dukuh Atas saja.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, rencana tersebut akan direalisasikan bulan ini, Maret 2019. Dia berharap, beroperasinya kereta bandara di Stasiun Manggarai semakin memudahkan masyarakat menuju Bandara Soetta.

“Kereta bandara yang tadinya sampai Dukuh Atas sebentar lagi akan dioperasikan sampai Stasiun Manggarai sehingga semua angkutan-angkutan yang dari Depok, Bekasi bisa mengganti di tempat itu sehingga kereta bandara bisa point to point,” kata Menhub, dikutip Senin (4/3/2019).

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu optimistis pengoperasian kereta bandara di Stasiun Manggarai akan diminati oleh warga. Bahkan, dia yakin tingkat keterisian (occupancy rate) kereta bandara yang selama ini masih banyak yang kosong bisa meningkat lebih dari 50 persen.

"Kalau menurut saya dengan berhenti di Stasiun Manggarai, occupancy kereta bandara ini menjadi 60 persen karena orang Depok, Bekasi bisa langsung. Kalau sekarang ini harus effort sampai ke Dukuh Atas dulu," ucap dia.

Stasiun Manggarai, kata Menhub, dipersiapkan menjadi stasiun utama yang terintegrasi dengan banyak moda transportasi. Selain kereta bandara, stasiun ini juga tersambung dengan KRL Commuter Line dan Bus Trans Jakarta. Untuk kereta bandara, pembangunan fasilitasnya terus dikebut.

"Progres pembangunan di Manggarai kira-kira sudah 75 persen. Artinya fungsi kedua selain KRL, yaitu kereta bandara, bisa dilaksanakan pada bulan ini,” ujar Menhub.

Pengamat transportasi, Darmaningtyas mengatakan, upaya pemerintah menambah tingkat keterisian kereta bandara dengan menambah tempat singgah di Manggarai merupakan langkah yang harus di apresiasi. Namun dia menekankan untuk memperhatikan lokasi parkir di Stasiun Manggara

“Kalau tidak ada lokasi parkir ya sama saja. Sebab kita tidak hanya mengharapkan orang transit kemudian menyambung lagi menuju bandara via Manggarai, tapi ada juga orang-orang yang bawa kendaraan ke stasiun itu,” ujarnya.

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2UjjyR0
March 04, 2019 at 04:35PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kereta Bandara Soetta Transit di Stasiun Manggarai Bulan Ini"

Post a Comment

Powered by Blogger.