Search

Kolombia: 326 Tentara Venezuela Membelot dari Rezim Maduro

BOGOTA, iNews.id - Sebanyak 326 anggota angkatan bersenjata Venezuela membelot dari pemerintahan Presiden Nicolas Maduro dan melintasi perbatasan ke Kolombia sejak Sabtu (23/2). Hal itu diungkapkan layanan imigrasi Bogota.

Lembaga itu menyebut, sebagian besar tentara bersembunyi dan menyelinap ke Kolombia di wilayah yang sama dengan perbatasan utama yang diblokir oleh militer Venezuela.

Dilaporkan AFP, Rabu (27/2/2019), Direktur layanan imigrasi Bogota, Christian Kruger, mengatakan para tentara melarikan diri dari "kediktatoran" Maduro dan tekanan yang diberikan oleh milisi sipil bersenjata yang dikenal sebagai colectivos.

Dia menyebut, beberapa datang dengan senjata dan mengenakan seragam, sementara yang lain tiba dengan pakaian sipil atau dengan keluarga mereka.

Kruger tidak mengungkapkan pangkat para pembelot, namun diyakini bahwa tidak ada dari mereka yang berasal dari eselon atas militer.

AFP melihat setidaknya 20 pembelot tiba di kota perbatasan, Cucuta, sejak Sabtu, meskipun tidak ada dari mereka yang bersenjata atau berpangkat tinggi.

BACA JUGA: Pengakuan Para Tentara Venezuela yang Membelot dari Rezim Maduro

Kruger mengatakan, pihak berwenang akan mengevaluasi latar belakang mereka yang masuk; jika mereka tidak menimbulkan ancaman, mereka akan diizinkan untuk tinggal.

Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido, yang diakui sebagai presiden sementara oleh 50 negara, menawarkan amnesti kepada anggota angkatan bersenjata yang meninggalkan Maduro.

Jika ingin berhasil, Guaido perlu 'menaklukan' para petinggi militer jika ingin mengusir Maduro dan mengatur pemilihan presiden baru.

Komando tinggi militer sejauh ini tetap loyal kepada rezim yang berkuasa, yang mencetak kemenangan pada akhir pekan lalu saat pasukan bersenjata mencegah bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan di Cucuta, masuk ke Venezuela.

Bantuan kemanusiaan, yang sebagian besar disumbangkan oleh AS, menjadi pusat perhatian dalam perebutan kekuasaan antara Maduro dan Guaido.

Maduro menolak untuk mengizinkan bantuan masuk, mengklaim itu menjadi dalih untuk invasi AS.

Jumlah angkatan bersenjata Venezuela saat ini sekitar 365.000 anggota.

Editor : Nathania Riris Michico

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2U99sSx
February 27, 2019 at 04:37PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kolombia: 326 Tentara Venezuela Membelot dari Rezim Maduro"

Post a Comment

Powered by Blogger.