Search

Di Depan Pengusaha, Sri Mulyani: Kayaknya Muka Saya Tukang Tagih Pajak

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut, banyak pengusaha yang mengait-ngaitkan dirinya dengan pajak. Pengalaman tersebut kali ini terjadi saat menghadiri acara Himpunan Pengusaha Muda Indonesia DKI Jakarta (Hipmi Jaya).

"Dari tadi saya semenjak dijemput di lift sampai sekarang semua orang selalu mengatakan ‘bu saya sudah bayar pajak, bu saya sudah’. Padahal saya enggak nanya, saya enggak ngapa-ngapain dan saya diem. Tapi kenapa orang kalau ketemu saya selalu harus ngomong ‘bu saya sudah bayar pajak’. Kayaknya muka saya itu muka nagih kali ya, padahal saya tuh diem saja," ujarnya di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu tidak menyebutkan tingkat kepatuhan pajak anggota Hipmi Jaya. Namun, dia berterima kasih kepada seluruh pembayar pajak karena capaian penerimaan pajak sepanjang 2018 cukup positif.

Meski demikian, Sri Mulyani mengaku sangat berterimakasih kasih kepada Hipmi dan para pengusaha Indonesia. Pada tahun lalu memberikan kontribusi pajak yang sangat baik.

Pada tahun lalu, penerimaan pajak mencapai Rp1.351,9 triliun atau 92 persen dari target APBN sebesar Rp1.424 triliun. Sementara pendapatan negara secara keseluruhan mencapai Rp1.942,3 triliun atau 102,5 persen dari target.

"Terima kasih Hipmi, jadi kalau kita bisa mengumpulkan penerimaan yang cukup besar itu kita belanjakan keseluruhannya 99,2 persen belanja negara tahun lalu sebesar Rp2.200 triliun itu terealisir," ucap dia.

Sri Mulyani menyebut, pajak yang selama ini dikumpulkan dibelanjakan sehingga bisa berdampak terhadap perekonomian. Dia menepis, Kementerian Keuangan mencari untung dari penerimaan pajak.

"Jangan merasa bahwa kalau Anda bayar pajak seolah-olah kemudian uangnya itu saya taruh di dalam lemari besi atau saya taruh di Bank Indonesia," tuturnya. (Taufik Fajar)

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2TeAXNt
February 27, 2019 at 11:15PM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Di Depan Pengusaha, Sri Mulyani: Kayaknya Muka Saya Tukang Tagih Pajak"

Post a Comment

Powered by Blogger.