Search

BKPM: 20 Persen Investasi Asing Masuk ke Unicorn

JAKARTA, iNews.id - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebut, ekonomi digital menjadi sektor paling atraktif menarik investor asing. Porsi ekonomi digital mencapai 20 persen terhadap total investasi asing pada 2018.

Kepala BKPM, Thomas Lembong mengatakan, ekonomi digital, khususnya unicorn menjadi penggerak utama investasi asing dalam beberapa tahun terakhir di samping investasi di sektor tambang, khususnya smelter.

"Saya ingin terangkan bahwa arus modal masuk ke ekonomi digital itu adalah satu dari dua sektor yang menyelamatkan investasi internasional naik. Pertama, adalah e-commerce kedua adalah smelter atau pabrik pengolahan dan pemurnian logam," ujar pria yang akrab disapa Tom di Jakarta, Selasa (26/2/2019).

BACA JUGA:

Menteri Bambang Sebut Unicorn Justru Tarik Modal Asing ke Indonesia

Tak Lagi Mitos, Startup yang Menjelma Jadi Unicorn di Dunia Ada 325

Tom mengatakan, investasi asing yang masuk ke ekonomi digital antara 2-2,5 miliar dolar AS. Angka tersebut setara Rp29-35 triliun per tahun. (kurs Rp14.000). Di tengah menurunnya realisasi investasi asing pada tahun lalu sebesar 9 persen, kehadiran investasi asing di sektor ini menahan penurunan lebih dalam.

Mantan Menteri Perdagangan itu menilai, persepsi investor asing terhadap ekonomi digital di Indonesia masih positif. Oleh karena itu, dia optimistis tren investasi asing di unicorn akan terus meningkat.

"Memang tahun lalu, tahun pertama dalam periode Jokowi-JK, investasi internasional turun. Tapi satu-satunya komponen dari investasi modal asing yang tidak turun adalah ke ekonomi digital dan ecommerce," tuturnya.

Berdasarkan data BKPM, realisasi investasi asing pada 2018 adalah sebesar Rp392,7 triliun. Angka itu merosot 8,8 persen dibandingkan dengan realisasi investasi tahun 2017 sebesar Rp430,5 triliun.

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2U94Mw5
February 27, 2019 at 04:38AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BKPM: 20 Persen Investasi Asing Masuk ke Unicorn"

Post a Comment

Powered by Blogger.