Search

Pemkab Purbalingga Luncurkan Kredit Mawar, Bunga 0 Persen

PURBALINGGA, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga, Jawa Tengah meluncurkan kredit "Mawar". Fasilitas tersebut diberikan supaya masyarakat, khususnya pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terlindungi dari jeratan rentenir.

Pelaksana Tugas Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan, Pemkab menggandeng BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) BPR Artha Perwira untuk menjalankan program tersebut.

"Tahun ini, kami melakukan penyertaan modal khusus untuk kredit Mawar ini Rp1 miliar," katanya di Pendopo Dipokusumo Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu (27/2/2019).

Dia mengatakan kredit "Mawar" yang merupakan singkatan dari Melawan Rentenir itu menjadi salah satu program unggulan dari TPAKD (Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah) Kabupaten Purbalingga. Hal ini supaya pelaku UMKM tidak mengakses kredit berbunga tinggi yang ditawarkan rentenir.

"Ini untuk melindungi agar masyarakat di bawah khususnya pelaku UMKM ini bisa mendapatkan akses permodalan dengan suku bunga semurah mungkin," ujarnya.

Kredit Mawar memberikan pinjaman kepada nasabah antara Rp500 ribu hingga Rp2,5 juta tanpa bunga. Diamengatakan jika angsurannya berjalan baik tanpa adanya kredit macet, peminjam kredit Mawar akan difasilitasi untuk mendapatkan pinjaman yang lebih besar hingga Rp15 juta pada tahun berikutnya.

Dyah mengatakan, Pemkab akan melihat perkembangan kredit Mawar dalam beberapa bulan ke depan.

"Artinya ketika nanti progresnya memang baik, kemudian NPL-nya (Non Performing Loan) memang 'zero' (tidak ada kredit bermasalah), nanti penyertaan modalnya akan kami tambah ke BPR Artha Perwira dalam rangka pengembangan kredit Mawar itu," katanya.

Deputi Direktur Manajemen Strategis, Edukasi dan Perlindungan Konsumen, dan Kemitraan Pemerintah Daerah Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 3 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Dedy Patria mengapresiasi program kredit Mawar oleh Pemkab Purbalingga.

"Kredit ini sudah sejalan dengan program TPAKD Nasional. Salah satu program TPAKD Nasional adalah melawan rentenir," ujar dia.

Ia mengatakan ada dua ciri rentenir, yakni bunganya tinggi dan layanannya cepat karena tidak menganalisis kelayakan nasabah. Bahkan, rentenir kadang siap memberikan pinjaman kepada pedagang sejak dini hari.

"Sekarang kita bisa melawan yang satu, (dengan memberikan) bunga nol persen, kita sudah menang, tinggal satu lagi, pelayanan. Bisa apa enggak, BPR yang menyalurkan ini (kredit Mawar) menandingi pelayanan rentenir," ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2GODKak
February 28, 2019 at 04:01AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemkab Purbalingga Luncurkan Kredit Mawar, Bunga 0 Persen"

Post a Comment

Powered by Blogger.