Search

Kembangkan Bisnis, Pertamina Jalin Kerja Sama dengan Petronas

JAKARTA, iNews.id - PT Pertamina (Persero) menjalin kerja sama dengan Petroliam Nasional Berhad (Petronas). Keduanya sepakat mengembangkan bisnis sekaligus menjajaki peluang bisnis migas di luar Indonesia dan Malaysia.

Kesepakatan tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) yang diteken di Kuala Lumpur, Malaysia. MoU tersebut merupakan realisasi dari kerja sama antara Indonesia dan Malaysia yang terjalin erat sebelumnya.

“MoU ini menjadi payung untuk membangun sinergi bisnis yang saling menguntungkan antara kedua perusahaan. Kerja sama ini mencakup kerjasama secara strategis maupun operasional,” ujar Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko Pertamina, Heru Setiawan melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (26/2/2019).

Selain Heru, penandatanganan MoU itu dihadiri Direktur Hulu Pertamina, Dharmawan H. Samsu. Dari pihak Petronas hadir EVP & CEO of Upstream Business Datuk Mohd Anuar Taib, EVP & CEO Downstream Business Datuk Md Arif Mahmood, dan SVP Corporate Strategy En Mohamed Firouz Asnan.

Dalam MoU itu, kata Heru, Pertamina dan Petronas akan meningkatkan kerja sama bisnis migas dari hulu hingga hilir. Di antaranya penelitian dan pengembangan (R&D), studi eksplorasi migas, perdagangan sejumlah produk migas dan turunannya (kondensat dan petrokimia), dan energi terbarukan.

Menurut Heru, kerja sama yang akan dijalankan bukan hanya berlokasi di Indonesia dan Malaysia, namun dapat dikembangkan ke area lain seperti di Asia Timur dan wilayah lainnya.

Di bidang niaga, kedua perusahaan sepakat melakukan pertukaran minyak mentah antara bagian produksi di Malaysia (Lapangan Kikeh, Kimanis, dan Kidurong) dengan bagian produksi di Indonesia (Lapangan Jabung dan Ketapang).

“Dalam rangka penyediaan energi masa depan, masih banyak yang harus kita lakukan bersama. MoU ini merupakan salah satu langkah yang tepat untuk mewujudkan ketahanan dan kemandirian energi nasional,” ucap Heru.

Editor : Rahmat Fiansyah

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2BSyuOT
February 27, 2019 at 01:30AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kembangkan Bisnis, Pertamina Jalin Kerja Sama dengan Petronas"

Post a Comment

Powered by Blogger.