Search

Trump Tunda Tarif Impor Produk Otomotif, Wall Street Dibuka Positif

JAKARTA, iNews.id – Bursa saham Amerika Serikat (AS) atau Wall Street hari ini dibuka menghijau setelah tergelincir pada sesi sebelumnya. Penguatan ini didukung berita bahwa Presiden AS Donald Trump berencana untuk menunda pelaksanaan kenaikan tarif impor produk otomotif.

Mengutip CNBC, Rabu (15/5/2019), indeks Dow Jones Industrial Average diperdagangkan naik 19 poin. Indeks S&P 500 diperdagangkan naik 0,2 persen, sementara Nasdaq Composite melonjak 0,6 persen.

Sumber CNBC mengatakan, pemerintah AS akan menunda pungutan hingga enam bulan. Berita itu pertama kali dilaporkan oleh Bloomberg News, membuat saham produsen mobil menguat. Saham Fiat Chrysler yang terdaftar di AS naik 1,1 persen, sementara Ford Motor dan General Motors masing-masing naik 0,6 persen dan 0,7 persen.

Ekuitas pada awalnya jatuh setelah rilis data ekonomi yang lebih lemah dari perkiraan memicu kekhawatiran bahwa perang perdagangan AS-China menyeret turun pertumbuhan ekonomi global.

Penjualan ritel AS turun 0,2 persen pada April, Departemen Perdagangan mengatakan Rabu. Ekonom yang disurvei oleh Dow Jones memperkirakan kenaikan 0,2 persen.

Semalam, data yang dirilis di China menunjukkan produksi industri tumbuh sebesar 5,4 persen pada April secara tahun-ke-tahun, mencatat laju kenaikan paling lambat sejak Mei 2003. Ekonom yang disurvei oleh Refinitiv memperkirakan ekspansi 6,5 persen. Penjualan ritel China juga mengecewakan para ekonom.

Data yang mengecewakan dari kedua negara muncul karena ketegangan perdagangan antara China dan AS telah menyulut kembali. Awal pekan ini, China menaikkan tarif atas barang-barang AS senilai 60 miliar dolar AS. Langkah itu dilakukan setelah AS menaikkan tarif impor China senilai 200 miliar dolar AS.

Trump mengatakan di Twitter bahwa AS berada dalam posisi yang jauh lebih baik daripada kesepakatan apa pun yang bisa dibuat. "Eskalasi perang dagang AS-China jelas negatif bagi pertumbuhan pandangan untuk kedua negara dan ekonomi global," Veneta Dimitrova, ekonom senior AS di Ned Davis Research, menulis dalam sebuah catatan.

“Tarif mengakibatkan inflasi yang lebih tinggi, peningkatan kebijakan yang tidak pasti, pertumbuhan belanja modal dan pekerjaan yang lebih lambat, dan pertumbuhan produktivitas yang lebih lemah,” kata Dimitrova.

Ketakutan perdagangan yang meningkat mengirim ekuitas terhuyung bulan ini. Indeks Dow dan S&P 500 masing-masing turun 4,6 persen dan 4,2 persen, sedangkan Nasdaq jatuh 4,9 persen.

Awal tahun ini, indeks S&P 500 dan Nasdaq mencapai rekor tertinggi karena baik China dan AS mengindikasikan kemajuan di bidang perdagangan. Tetapi meningkatnya kekhawatiran perdagangan telah membuat prospek jangka pendek pasar tidak dapat diprediksi, menurut Craig Birk, kepala investasi di Personal Capital.

Editor : Ranto Rajagukguk

Let's block ads! (Why?)



http://bit.ly/2Hw1uxB
May 16, 2019 at 04:53AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Trump Tunda Tarif Impor Produk Otomotif, Wall Street Dibuka Positif"

Post a Comment

Powered by Blogger.