Search

Berkat Oven Khusus, Astronot Berhasil Bikin Kue di Stasiun Luar Angkasa

CALIFORNIA, iNews.id - Para astronot International Space Station (ISS) menikmati liburan dengan membuat kue untuk Santa dalam microgravity. Namun, para astronot tidak dapat menikmati kue yang dipanggang.

Pembuatan kue dimungkinkan berkat oven luar angkasa baru yang dikirim ke ISS awal November lalu. Oven silinder biru adalah produk dari startup berbasis di New York bernama Zero G Kitchen dan pengembang teknologi luar angkasa Nanoracks.

Tujuan pembuatan kue di luar angkasa untuk melihat apakah memanggang di lingkungan luar angkasa mungkin dilakukan. Di Bumi, mengubah adonan menjadi kue jadi cukup mudah.

Anda menaruh adonan di atas loyang dalam oven. Kemudian, udara panas di dalam oven naik dan kipas angin menyebarkan panas ke seluruh ruang kecil. Akibatnya, panas didistribusikan secara merata ke seluruh kue dan mengembang ke atas.

Namun di luar angkasa proses pemanasan menjadi sulit. Udara panas tidak naik seperti di Bumi dan tak ada jaminan kue akan tetap berada di loyang. Sebab, bisa saja kue melayang.

Sesuai namanya, Zero G Oven dirancang untuk mengatasi masalah itu. Mereka harus mengubah desain oven secara substansial dari apa yang Anda pikirkan menjadi kenyataan, sebagaimana dikutip dari The Verge, Sabtu (28/12/2019).

Guna memanaskan adonan secara merata, oven dibentuk seperti silinder dengan pemanas yang melapisi setiap sisi. Dengan begitu, kue dipanaskan secara merata. Untuk memastikan kue tidak mengapung di dalam oven, adonan harus dimuat melalui loyang khusus.

Luca Parmitano, seorang astronot di European Space Agency (ESA) mencoba memuat sampel kue selama beberapa hari dan mengalami keberhasilan. "Oven sangat mudah digunakan dan saya pikir itu berfungsi seperti yang diharapkan. Kami bisa memanggang sampel, tapi butuh beberapa upaya untuk mencaritahu seberapa lama mereka harus tinggal di oven," katanya.

Parmitano mengatakan tiga kue pertama yang dia coba panggang keluar tampak gosong. Tapi, dua kue terakhir yang dipanggangganya bagus dan berwarna coklat. Sampel sekarang disimpan dalam freezer untuk dikembalikan ke Bumi untuk dianalisis.

Karena ini semua eksperimental, para peneliti tidak ingin para astronot memakan kue yang dipanggang dengan tidak benar. Oleh karena itu, para astronot hanya diperbolehkan berpose bersama makanan mereka.

Sampel akan dikembalikan ke Bumi pada perjalana pulang kargo yang akan datang, sehingga para peneliti di Bumi bisa melihat lebih baik terkait produk jadi itu.

Editor : Dini Listiyani

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2Mxy6uw
December 28, 2019 at 07:27AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Berkat Oven Khusus, Astronot Berhasil Bikin Kue di Stasiun Luar Angkasa"

Post a Comment

Powered by Blogger.