Search

Sosok Ipi Maryati Kuding, Plt Jubir KPK Pengganti Febri Diansyah

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menunjuk dua pelaksana tugas (plt) juru bicara KPK untuk menggantikan Febri Diansyah. Kedua jubir tersebut yakni Ipi Maryati Kuding dan Ali Fikri.

Ketua KPK Firli Bahuri menuturkan, pimpinan KPK sengaja menunjuk dua orang sebagai jubir. Mereka akan berbagi tugas. Ipi Maryati akan menginformasikan segala hal berkaitan dengan pencegahan, sementara Ali Fikri bidang penindakan.

"Sesungguhnyan setiap ada penindakan pasti diikuti dengan pencegahan. Langkah pencegahan harus diikuti penindakan. Dua hal itu harus bersinergi," kata Firli dalam keterangan pers di Gedung KPK Jakarta, Jumat (27/12/2019) malam.

Siapa Ipi Maryati?

Perempuan berkerudung ini sesungguhnya bukan sosok baru dalam bidang kehumasan. Selama ini dia dikenal sebagai staf biro humas KPK. Dengan kata lain, Ipi telah lama bekerja satu tim dengan Febri.

Ipi beberapa kali memberikan keterangan pers mengenai perkembangan kasus di KPK atau hal lain yang berkaitan dengan lembaga antirasuah tersebut. Sebagai contoh ketika pada November 2014, sejumlah menteri Kabinet Kerja datang ke KPK.

BACA JUGA: KPK Tunjuk Dua Plt Jubir Gantikan Febri

Kehadiran sejumlah menteri itu pun sempat mengundang tanda tanya media. Ipi ketika itu menerangkan, para menteri akan mengikuti peluncuran hasil survei integritas pelayanan publik. Dia juga menginformasikan siapa saja menteri yang akan hadir di acara tersebut.

Ipi juga pernah mendampingi pimpinan KPK menggelar konferensi pers mengenai penindakan kasus tindak pidana korupsi. Sebut saja pada 5 September 2016. Ipi menyertai Basaria Panjaitan untuk menunjukkan baran bukti operasi tangkap tangan (OTT) Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian.

Sebagai staf biro humas KPK, Ipi Maryati juga tercatat sebagai redaktur Integrito, majalah internal KPK. Bahkan di era 2009 ketika Jubir KPK masih dijabat Johan Budi, Ipi Maryati juga pernah menjabat sebagai redaktur pelaksana.

Ipi pada 2018 menempuh magister (S2) komunikasi di Universitas Indonesia. Selama di KPK dia termasuk salah satu pegawai konsisten mengikuti kegiatan donor darah yang diselenggarakan Wadah Pegawai KPK.

Atas kontribusinya itu, bersama 12 pegawai lain pada Juli 2019 dia diganjar apresiasi berupa sertifikat dan pin dari Palang Merah Indonesia (PMI).

Saat diperkenalkan sebagai plt jubir KPK oleh Firli, Ipi menuturkan bahwa pertemuan dengan media bukan yang pertama. Dirinya berharap komunikasi yang terjalin akan bisa terlaksana dengan baik ke depannya.

”Nantinya akan lebih banyak informasi tentang pencegahan yang akan saya sampaikan. Selama satu tahun di biro humas saya memang lebih banyak menyelesaikan isu-isu tentang pencegahan,” ucapnya.

Editor : Zen Teguh

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2EZQjfY
December 28, 2019 at 07:30AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sosok Ipi Maryati Kuding, Plt Jubir KPK Pengganti Febri Diansyah"

Post a Comment

Powered by Blogger.