Search

Gerindra Minta Pemprov DKI Permudah Persyaratan Warga Miliki Hunian DP 0 Rupiah

JAKARTA, iNews.id - Partai Gerindra meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mempermudah warga ibu kota memiliki hunian DP 0 Rupiah. Salah satu kemudahan itu adalah dengan mengurangi beberapa persyaratan di bank.

Wakil DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik mengatakan, saat ini ada beberapa aturan dari BUMD Bank DKI yang dinilai menyulitkan warga. Dia meyakini, Bank DKI dapat mengurangi beberapa persyaratan tersebut.

"Insyaallah bisa kalau mau serius dipikirin. Dikurangi syarat-syaratnya. Diperlunak lah. Kita sudah banyak mengurangi syarat-syarat untuk hal-hal lain. Misalnya perizinan. Dulu perizinan tempat ibadah mau bikin IMB sederet banget. Kita diskusikan potong dong segini, akhirnya bisa. Saya yakin bisa," katanya di kawasan Pondok Rangon, Jakarta, Minggu (29/12/2019).

BACA JUGA:

Groundbreaking Hunian DP 0 Rupiah Jilid Kedua di Cilangkap, Anies: Fasilitasnya Lengkap

Anggaran Rumah DP 0 Rupiah Dipangkas, DKI Akan Gaet Swasta

DPRD Ingatkan Pemprov DKI Waspadai Mafia Pembelian Hunian DP 0 Rupiah

Taufik menuturkan banyak warga saat ini kesulitan mendapatkan hunian karena tak lolos seleksi administrasi di bank. Rata-rata masyarakat tak lolos seleksi karena banyak cicilan lain seperti kendaraan pribadi.

"Kalau saya tanya itu ketika dicek, bank checking, dia rata-rata sudah kredit motor sehingga kalau dihitung untuk cover cicilan jadi tidak cukup. Ini gara-gara kredit motor sebenarnya," ujarnya.

Saat ini, menurut Taufik, sedikit warga yang menempati hunian DP 0 Rupiah. Namun dia meyakini peminat dari Program Pemprov DKI sangat banyak. Dia berharap, Gubernur Anies terus mendirikan hunian tersebut hingga target dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebanyak 200 ribu rumah siap huni tercapai.

"Artinya tegas pemerintah dua, pertama bangun saja sebanyak-banyaknya. Kedua kan BUMD kita Bank DKI. Ya Bank DKI harus kreatif berpikir. Kongkowin itu instansi yang berwenang tadi OJK (Otoritas Jasa Keuangan), ini kan buat masyarakat," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, melakukan ground breaking atau peletakan batu pertama untuk pembangunan Samawa Rumah DP 0 Rupiah (Samawa) jilid kedua di Nuansa Cilangkap yang terletak di Jalan Raya Cilangkap, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Kamis, 12 Desember 2019.

Proyek pembangunan hunian DP 0 Rupiah ini bekerja sama dengan empat BUMD Provinsi DKI Jakarta yaitu PD Pembangunan Sarana Jaya, PT Jakarta Propertindo dan Perumda Pasar Jaya sebagai pengembang, serta PT Bank DKI sebagai bank pelaksana.

Editor : Djibril Muhammad

Let's block ads! (Why?)



https://ift.tt/2Q7k19f
December 30, 2019 at 07:56AM

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gerindra Minta Pemprov DKI Permudah Persyaratan Warga Miliki Hunian DP 0 Rupiah"

Post a Comment

Powered by Blogger.